HERLIN, ELINA (2016) KESIAPAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH DI KOTA CILEGON DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PEMBELAJARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
KESIAPAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH DI KOTA CILEGON DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TIK UNTUK P.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Era globalisasi saat ini ditandai dengan terus meningkatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Untuk dapat mencapai pendidikan yang berkualitas dibutuhkan pendidik yang berkualitas pula. Di era globalisasi ini guru dituntut untuk terampil dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terutama dalam proses pembelajaran agar kualitas pembelajaran semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru matematika sekolah menengah di Kota Cilegon dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran. Kesiapan guru menggunakan TIK dilihat dari 6 Aspek kompetensi TIK guru, yaitu : 1). Pemahaman TIK dalam pendidikan, 2). Kurikulum dan penilaian, 3). Pedagogi, 4). Teknologi informasi dan komunikasi, 5). Organisasi dan administrasi, dan 6). Pembelajaran guru profesional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru matematika di kota Cilegon sebanyak 186 guru dari 68 sekolah menengah yang telah terakreditasi. Sampel guru ditentukan dengan teknik stratified sampling sebanyak 75 guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pemahaman TIK dalam pendidikan dengan rata-rata persentase sebesar 61,4 % dikategorikan siap, aspek kurikulum dan penilaian dengan rata-rata persentase sebesar 79,6 % dikategorikan siap, aspek pedagogi dengan rata-rata persentase sebesar 51,2 % dikategorikan cukup siap, aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan rata-rata persentase sebesar 67,3 % dikategorikan siap. aspek organisasi dan administrasi dengan rata-rata persentase sebesar 60 % dikategorikan cukup siap, dan aspek pembelajaran guru profesional dengan rata-rata persentase sebesar 53,2 % dikategorikan cukup siap. Kata Kunci : Kesiapan Guru Matematika, Perangkat TIK
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Guru Matematika, Perangkat TIK | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2022 23:19 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2022 23:19 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11035 |
Actions (login required)
View Item |