Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PENJADWALAN PRODUKSI PADA ALIRAN FLOWSHOP DENGAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN

LATIF BAYANI, LATIF BAYANI (2015) USULAN PENJADWALAN PRODUKSI PADA ALIRAN FLOWSHOP DENGAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Usulan Penjadwalan Produksi pada Aliran Flowshop dengan Algoritma genetika untuk meminimasi make2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

CV. Serang Teknindo is a company engaged in manufacturing. Frequent delays in product shipments cuople the reason cuople product needs to be done sorting work or production scheduling. Scheduling is the manufacture of the product thoroughly sorting is done on be some machines. The purpose of this study is to determine the optimal sequence of jobs in CV.Serang Teknindo order to obtain the minimum makespan by using genetic algorithm and to determine the minimum makespan value resulting from the scheduling is done. In the calculation of the genetic algorithm approach, the initial population is selected from the results of the calculation algorithm to choose two sequences CDS better. Furthermore, the crossover and mutation to get a new parent is selected through the selection. Crossover method does is Partially Mapped Croccover (PMX), which carried a mutation method is Reciprocal Exchange Mutation (REM), while the selection method used is Steady-state Selection. Based on data processing, the result for the optimal sequence of jobs in production scheduling in stream flow shop using genetic algorithm is 1-2-5-6-4-3 or sequence of jobs to be done starting from the product of two terms cuople, then cuople triangle inside, then cuople hexagon inside, then cuople octagonal in, then cuople rectangle inside, then the last job is done is cuople trapezoid and minimum makespan resulting from scheduling has been done is equal to 23252.24 minutes.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerlina, LelyUNSPECIFIED
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Additional Information: CV. Serang Teknindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur. Sering terjadi keterlambatan pengiriman pada produk cuople menjadi alasan produk cuople perlu dilakukan pengurutan pekerjaan atau penjadwalan produksi. Penjadwalan adalah pengurutan pembuatan produk secara menyeluruh yang dikerjakan pada beberapa buah mesin. Tujuan penelitian ini adalah menentukan urutan pekerjaan yang optimal di CV.Serang Teknindo agar diperoleh makespan minimum dengan menggunakan metode algoritma genetika dan untuk mengetahui nilai makespan minimum yang dihasilkan dari penjadwalan yang dilakukan. Pada perhitungan dengan pendekatan algoritma genetika ini, populasi awal dipilih dari hasil perhitungan algoritma CDS dengan memilih dua urutan yang lebih baik. Selanjutnya dilakukan crossover dan mutasi untuk mendapatkan induk baru yang dipilih melalui seleksi. Metode crossover yang dilakukan adalah Partially Mapped Croccover (PMX), metode mutasi yang dilakukan adalah Reciprocal Exchange Mutation (REM), sedangkan metode seleksi yang digunakan adalah Steady-state Selection. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh urutan pekerjaan yang optimal dalam penjadwalan produksi pada aliran flow shop dengan menggunakan algoritma genetika adalah 1-2-5-6-4-3 atau urutan job yang harus dikerjakan yaitu dimulai dari produk cuople segi dua dalam, kemudian cuople segi tiga dalam, kemudian cuople segi enam dalam, kemudian cuople segi delapan dalam, kemudian cuople segi empat dalam, kemudian job terakhir yang dikerjakan adalah cuople trapesium dan Makespan minimum yang dihasilkan dari penjadwalan yang telah dilakukan adalah sebesar 23252,24 menit.
Uncontrolled Keywords: CDS Algorithms, Genetic Algorithm, Makespan Algoritma CDS, Algoritma genetika, Makespan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Mar 2022 23:05
Last Modified: 26 Mar 2022 23:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item View Item