Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN BIOGAS SAMPAH KOTA DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) BAGENDUNG-CILEGON SEBAGAI SUMBER ENERGI PEMBANGKIT LISTRIK

ni ketut, caturwati and Sudrajat, Agung and Haryanto, Heri and Permana Pinem, Mekro (2017) PEMANFAATAN BIOGAS SAMPAH KOTA DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) BAGENDUNG-CILEGON SEBAGAI SUMBER ENERGI PEMBANGKIT LISTRIK. Perpustakaan FT Untirta, Perpustakaan FT-Untirta. (Unpublished)

[img] Text
Laporan penelitian 2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul PEMANFAATAN BIOGAS SAMPAH KOTA DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) BAGENDUNG-CILEGON SEBAGAI SUMBER ENERGI PEMBANGKIT LISTRIK ini merupakan penelitian tahun ke dua. Pada tahun pertama telah dilakukan penelitian terhadap kualitas biogas yang dihasilkan dari TPA Bagendung dengan metode Landfill yang mana hasil penelitian menunjukkan ketidaklayakan biogas tersebut dalam hal kualitas biogas. Selanjutnya dilakukan penelitian produksi biogas untuk sampah organik dengan metode biodigester dengan berbagai jenis starter : kotoran sapi, kotoran kambing dan air lindi. Dari penelitian ini dapat dihasilkan biogas dengan kandungan gas Metana diatas 40 %. Selanjutnya pada tahun kedua saat ini dilakukan perancangan alat pembangkit tenaga listrik dengan bahan bakar biogas yang disertai juga dengan sistem perancangan alat penyaring unsur-unsur korosif yang terdapat dalam biogas seperti unsur unsur : H2S, H2O dan CO2. Hasil pengujian pembangkit listrik tenaga gas yang dipakai adalah mesin genset berbahan bakar LPG. Penggunaan bahan bakar LPG, gas Metana dan LPG dengan tambahan gas bio memperlihatkan unjuk kerja genset dengan gas Metana dan LPG dengan penambahan biogas menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan genset dengan bahan bakar LPG. Penambahan biogas berkisar antara 10-30 % dalam LPG memperlihatkan emisi gas buang yang lebih mendekati batas yang disarankan pemerintah, sedangkan LPG masih berada diatas syarat batas yang diwajibkan.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik
Depositing User: Ni Ketut Caturwati
Date Deposited: 31 Mar 2022 11:47
Last Modified: 31 Mar 2022 11:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item