Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TATA CARA PEMUNGUTAN PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN LEBAK

Mulyana, Mulyana (2016) TATA CARA PEMUNGUTAN PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN LEBAK. D3 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
TATA CARA PEMUNGUTAN PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATU DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sumber pertambangan mineral bukan logam dan batuan yang melimpah di Kabupaten Lebak menarik berbagai pihak untuk berinvestasi dalam bidang ini. Melihat banyaknya pihak dan besarnya keuntungan yang dapat diperoleh, maka peraturan yang dibuat Pemerintah Kabupaten Lebak sangat diperlukan untuk mengontrol praktik pertambangan tersebut. Oleh sebab itu, pengenaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan sangat diperlukan dan dikelola agar dapat mengontrol praktik pertambangan dan bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lebak. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tata cara pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kabupaten Lebak; 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pemungutan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kabupaten Lebak. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan metode deskriptif di mana Penulis dapat mengungkapkan suatu fakta atau realita fenomena sosial tertentu sebagaimana adanya dan memberikan gambaran secara objektif tentang keadaan atau permasalahan yang mungkin dihadapi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) tata cara pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan yang Berlaku di Kabupaten Lebak ada dua yaitu tata cara pemungutan pajak untuk produksi yang sifatnya pesanan rutin dan tata cara pemungutan pajak untuk produksi yang sifatnya penjualan harian; 2) Pelaksanaan pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lebak sesuai dengan peraturan yang berlaku di kabupaten lebak.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFAJAR MUTTAQIN, GALIH198307302009121003
Thesis advisorMULYANAH, MULYANAH198209152006042001
Additional Information: Sumber pertambangan mineral bukan logam dan batuan yang melimpah di Kabupaten Lebak menarik berbagai pihak untuk berinvestasi dalam bidang ini. Melihat banyaknya pihak dan besarnya keuntungan yang dapat diperoleh, maka peraturan yang dibuat Pemerintah Kabupaten Lebak sangat diperlukan untuk mengontrol praktik pertambangan tersebut. Oleh sebab itu, pengenaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan sangat diperlukan dan dikelola agar dapat mengontrol praktik pertambangan dan bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lebak. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tata cara pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kabupaten Lebak; 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pemungutan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kabupaten Lebak. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan metode deskriptif di mana Penulis dapat mengungkapkan suatu fakta atau realita fenomena sosial tertentu sebagaimana adanya dan memberikan gambaran secara objektif tentang keadaan atau permasalahan yang mungkin dihadapi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) tata cara pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan yang Berlaku di Kabupaten Lebak ada dua yaitu tata cara pemungutan pajak untuk produksi yang sifatnya pesanan rutin dan tata cara pemungutan pajak untuk produksi yang sifatnya penjualan harian; 2) Pelaksanaan pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lebak sesuai dengan peraturan yang berlaku di kabupaten lebak.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tata Cara Pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan; Pajak Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61403-Program Diploma III Perpajakan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 15:11
Last Modified: 24 Mar 2022 15:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item