UMAH, ROHMATUL and Waseh, Hasuri and Nugroho, Kandung Sapto (2018) MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN DI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (ROHMATUL UMAH NIM 6661141596)
MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN DI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA - Copy.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Abstract
Rohmatul Umah. 6661141596. SKRIPSI. Manajemen Pelayanan Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pogram Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2018 Pendidikan dan kesehatan merupakan dua sisi yang satu sama lain saling berkaitan, tidak terpisahkan serta merupakan dua dari tiga indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yaitu hidup sehat dan panjang umur, pendidikan, dan standar kehidupan yang layak. Jika seseorang ingin memiliki potensi umur yang panjang dan menimba ilmu tanpa batas maka kesadaran akan hidup sehat merupakan hal utama yang paling terpenting dalam meningkatkan efektivitas dan produktifitas kehidupan seseorang. Fokus penelitian ini adalah manajemen pelayanan kesehatan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya sumber daya manusia, kurangnya profesionalisme kinerja pegawai, kurangnya sosialisasi, dan kurangnya sarana prasarana yang memadai. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai manajemen pelayanan kesehatan di Universitas Sultan Ageng Tiratayasa. Teori yang digunakan adalah model manajemen pelayanan Ratminto & Atik (2005:54). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan ialah dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan oleh Matthew B.Milles dan Michael Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan kesehatan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa belum optimal, karena kurangnya evaluasi dan pengawasan kinerja pegawai sehingga hal-hal yang menyangkut ketersediaan dan kebutuhan pelayanan kesehatan belum terlaksana dengan maksimal. Saran yang menjadi rekomendasi adalah meningkatkan evaluasi kinerja pegawai, meningkatkan iklim organisasi untuk menciptakan relasi yang baik, dan merubah sistem pelayanan dengan mengikuti perkembangan teknologi kesehatan yang membantu pelayanan kesehatan berjalan dengan mudah dan cepat. Kata Kunci : Pelayanan, Kesehatan, Manajemen Klinik
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Rohmatul Umah. 6661141596. THRIPSI. Service Management At Sultan Ageng Tirtayasa University. Program Public Administration Science Study. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. 2018 Education and health are two sides that are mutually related, inseparable and are two of the three indicators of the Human Development Index (HDI), namely healthy living and longevity, education, and decent living standards. If someone wants to have a long life potential and gain knowledge without limit, the awareness of healthy living is the most important thing in improving the effectiveness and productivity of one's life. The focus of this research is the management of health services at Sultan Ageng Tirtayasa University. Problems in this research are lack of human resources, lack of professionalism of employees performance, lack of socialization, and lack of adequate infrastructure. The purpose of this study is to provide an overview of health care management at the University of Sultan Ageng Tiratayasa. The theory used is the service management model of Ratminto & Atik (2005: 54). The method used is descriptive qualitative research method. The data analysis used is data reduction procedure, data presentation, and draw conclusion by Matthew B.Milles and Michael Huberman. The results showed that the management of health services at the University of Sultan Ageng Tirtayasa not optimal, due to lack of evaluation and supervision of employee performance so that matters concerning the availability and needs of health services has not been implemented with the maximum. Recommendations are to improve employee performance evaluation, improve organizational climate to create good relationships, and change the service system by following the development of health technology that helps health services run easily and quickly. Keywords: Service, Health, Clinical Management |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 02:40 |
Last Modified: | 02 Nov 2018 02:40 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1066 |
Actions (login required)
View Item |