TIHAR, BRILLYANI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI KELAS IV. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE S.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
This research based on the low result of student’s science scoore which is still low and the teaching method still focussed on teacher center futhermore the student’s learning process is still pasive. The arms of this research is to in crease the student’s science scoore by using cooperative learning type STAD. The subject of this research ware 32 student’s of four class. This research was use CAR (Classroom Action Research) method. The research done with second cycle II which refers to the research accordance to spiral groove Kemmis and Mc. Taggart. This research used test result and student’s and teacher as the data collection. The results showed an increase of cycle I to cycle II. The average value of the cycle I achive 65 with percentage 68,75% white the average value of the cycle II achive 75 white percentage 87,5% it show is that the indicator of success that las been achieved. This research concluded that a study using cooperative learning type STAD can improve student’s science scoore a still grade
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan IPA dan pengajaran yang masih berpusat pada guru serta pasifnya belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa melalui model cooperative learning tipe STAD (student teams achievement division). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tunggak dengan jumlah 32 siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak II siklus sesuai dengan alur spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes hasil belajar dan observasi aktifitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa siklus I mencapai 65 dengan presentase 68,75% dan nilai rata-rata siswa siklus II sebesar 75 dengan presentase sebesar 87,5% membuktikan bahwa indikator keberhasilan yang diharapkan telah tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD (student teams achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA di kelas IV. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keyword: Learning result, cooperative learning STAD type, science. Kata Kunci : Hasil Belajar , Model Cooperative Learning Tipe STAD, Ilmu Pengetahuan Alam | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2022 12:48 | |||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2022 12:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10637 |
Actions (login required)
View Item |