Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERILAKU KOMUNIKASI SISWA “DALAM FORUM DARI HATI KEHATI “ DI SMK TRI PELITA BANGSA PANDEGLANG BANTEN

Zuhrufiah, Ufi (2015) PERILAKU KOMUNIKASI SISWA “DALAM FORUM DARI HATI KEHATI “ DI SMK TRI PELITA BANGSA PANDEGLANG BANTEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (-)
PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMK TRI PELITA BANGSA PANDEGLANG BANTEN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Negative behavior which is done by the adolescence student, usually done by adolescence who are failed on process of mental development either during adolescence orin their chilhood. The minimum communication between parents and children will give impact on the behaviour of their communication. Particularly on the behaviour of social communication. SMK Tri Pelita Pandeglang is a vacational school that focused on vocational of multimedia. The school was established in 2010 and until now had 87 students. SMK Tri Pelita has students who have behavior that is not good, especially in the social communication behavior. The purpose of this study was to determine and to analyse about social communication behaviors of students in the "Forum of heart to heart” at SMK Tri Pelita Bangsa. In this study, researches used Attribution theory. This research uses descriptive method and post-positivist paradigm. Data collection techniques there were used by researcher are interview and observation by the deputy principal and BK teacher in SMK Tri Pelita Bangsa with interviews taking one key informant from the vice principal, one suport informant teacher and 3 supporting student of SMK Tri Pelita Bangsa. Results from this study is that student‟s communication behavior can be changed better by way of “Hati ke Hati Forum”. Communication used by teachers is interpersonal communication, communication that exists between students and teachers after the students regularly take part in the forum of “Hati ke Hati” as optimally, students didn‟t feel inferior or exile anymore. Such behavior is behavior that‟s very different from the prior behavior before the study was conducted.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFitryah, Neka197708112005012003
Thesis advisorSagita, Darwis198305132008121002
Additional Information: Perilaku negativ yang dilakukan pelajar usia remaja biasanya dilakukan oleh remaja-remaja yang gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun pada masa kanak-kanaknya. Komunikasi yang minim antara orang tua dan anak akan memberikan dampak pada perilaku komunikasi anaknya, khususnya pada perilaku komunikasi sosialnya. SMK Tri Pelita Bangsa Pandeglang adalah sekolah menengah kejuruan dengan fokus kejuruannya adalah mutimedia. Sekolah ini berdiri pada tahun 2010 dan sampai sekarang memiliki jumlah siswa 87 siswa. SMK Tri Pelita Bangsa memiliki siswa yang mempunyai perilaku yang kurang baik khususnya dalam perilaku komunikasi sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganaisa perilaku komunikasi sosial siswa dalam “ Forum dari hati kehati” di SMK Tri Pelita Bangsa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori Atribusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan paradigma Post-Positivist. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara mendalam dan observasi dengan pihak wakil kepala sekolah dan Guru BK di SMK Tri Pelita Bangsa, dengan wawancara memakai 1 key informan dari wakil kepala sekolah, 1 orang informan pendukung guru yang mengajar dan 3 orang pendukung siswa SMK Tri Pelita Bangsa. Hasil dari penelitian ini ialah perilaku komunikasi siswa dapat dirubah menjadi lebih baik yaitu dengan cara forum dari hati kehati. Komunikasi yang digunakan oleh guru adalah komunikasi antarpribadi, Komunikasi yang terjalin antara siswa dan guru setelah siswa rutin mengikuti kegiatan forum dari hati kehati yang berlangsung secara optimal, siswa tidak lagi merasa rendah diri atau mengasingkan diri. Kerap kali terihat siswa dan siswa lainnya sedang bersenda gurau atau berjalan beriringan ataupun juga bercerita tentang pengalaman pribadinya baik pada teman ataupun gurunya. Perilaku seperti itu merupakan perilaku yang sangat berbeda dengan perilaku awal sebelum dilakukan penelitian.
Uncontrolled Keywords: Behaviour communication, Attribution theory, Forum Heart to heart, Student Perilaku Komunikasi, Teori Atribusi, Forum dari hati kehati, Siswa
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Mar 2022 11:28
Last Modified: 30 Mar 2022 20:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item