Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS HUBUNGAN INTENSITAS PERSAINGAN PASAR DAN PERSEPSI KETIDAKPASTIANLINGKUNGAN DENGAN KINERJA MANAJER MELALUI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

WULAN SEPTIA, DITHA (2013) ANALISIS HUBUNGAN INTENSITAS PERSAINGAN PASAR DAN PERSEPSI KETIDAKPASTIANLINGKUNGAN DENGAN KINERJA MANAJER MELALUI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
Analisis Hubungan Intensitas Persaingan Pasar dan Ketidakpas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

BSTRAK Penelitian ini menguji dampak intensitas persaingan pasar dan variabel contextuals (strategi dan ketidakpastian lingkungan) informasi penggunaan manajer oleh sistem akuntansi manajemen (MAS) dan kinerja unit usaha. Penggunaan manajer dari informasi yang diberikan oleh sistem akuntansi manajemen (SAM) dapat membantu organisasi untuk mengadopsi dan melaksanakan rencana dalam menanggapi lingkungan yang kompetitif mereka. Dalam penelitian ini MAS dipandang sebagai sistem yang menyediakan informasi benchmarking dan monitoring di samping informasi internal dan historis tradisional yang dihasilkan oleh sistem akuntansi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memprediksi hubungan dan dampak antara Sistem Akuntansi manajemen, intensitas persaingan, ketidakpastian lingkungan, dan kinerja organisasi. Penelitian ini replikasi penelitian dengan penerapan penuh berbagai macam model. Replikasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan terpadu pada faktor kontijensi, yang mempengaruhi hubungan antara MAS pengguna dan Kinerja Organisasi. Responden dalam penelitian ini adalah manajer perusahaan manufaktur. Pembagian seperti biasanya terintegrasi pada profitoriented perusahaan, baik perusahaan milik swasta dan milik pemerintah. Populasi tersebar di kalangan perusahaan manufaktur, perdagangan dan perusahaan jasa. Respon dari 41 manajer produksi, pemasaran, yang diambil dari perusahaanperusahaan manufaktur di Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan kuadrat terkecil parsial (PLS). Hasil menunjukkan bahwa manajer dalam penggunaan informasi oleh sistem akuntansi manajemen (SAM) bertindak sebagai mediator dalam hubungan antara intensitas persaingan pasar dan kinerja unit bisnis juga ketidakpastian lingkungan dan kinerja unit bisnis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel system akuntansi manajemen memediasi hubungan antara intensitas persaingan pasar dan ketidakpastian lingkungan dan kinerja manajerial. Kata kunci: Intensitas Persaingan Pasar, Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Sistem Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIsmaya, Agus197707262003121001
Thesis advisorMuchlish, Munawar197509092005011002
Uncontrolled Keywords: Intensitas Persaingan Pasar, Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Sistem Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 62201-Program Sarjana Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 10:30
Last Modified: 14 Mar 2022 10:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item