Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

VOLUNTEER SEBAGAI PENGGERAK KAMPANYE BIJAK PENGGUNAAN LISTRIK (Studi Kasus Kampanye ”Switch OFF ” Komunitas Earth Hour Tangerang)

Yuliandanti, Yuliandanti and Nesia, Andin and Nurjuman, Husnan (2021) VOLUNTEER SEBAGAI PENGGERAK KAMPANYE BIJAK PENGGUNAAN LISTRIK (Studi Kasus Kampanye ”Switch OFF ” Komunitas Earth Hour Tangerang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI - Yuliandanti - 6662170111 - Ilmu Komunikasi- PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yulian Danti. Nim. 6662170111. Skripsi. Volunteer Sebagai Penggerak Kampanye Bijak Penggunaan Listrik (Studi kasus pada kampanye Switch Off Komunitas Earth Hour Tangerang). Pembimbing I: Andin Nesia, M. IKom dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si. Salah satu gerakan sosial yang berbasis volunteer atau relawan yaitu, Komunitas Earth Hour Tangerang, Melalui Kampanye Switch Off, Volunteer Komunitas Earth Hour Tangerang mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di Kota Tangerang untuk bijak dalam penggunaan listrik.Volunteer Komunitas Earth Hour Tangerang melakukan Proses kampanye yang panjang untuk mencapai tujuan dari kampanye Switch Off, yaitu pengurangan penggunaan listrik dan menjadikan Switch Off agenda rutin harian yang dilakukan setiap hari. Namun selama kampanye ini dijalankan tujuan tersebut belum didapatkan sepenuhnya oleh Volunteer , untuk itu arah dari penelitian ini ialah melihat bagaiaman proses yang dijalani oleh Volunteer dalam mengkampanyekan Gerakan Switch Off. Model yang digunakan dalam penelitian ini ialah model Proses Kampanye milik Denis MCQuail,menurut model ini dalam kampanye harus mempertimbangkan enam aspek, yaitu sumber, saluran, pesan, hambatan pesan, jangkauan khalayak dan effect. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus dengan menjabarkan data kedalam deskriptif atau tulisan. Pengumpulan data dengan menggunakan deep interview. Informan dalam penelitian ini merupakan Volunteer yang tergabung dalam Komunitas Earth Hour Tangerang. Hasil yang didapatkan saat melakukan penelitian mengatakan bahwa, sumber yaitu volunteer memiliki posisi dimata khalayak sebagai penggerak dan juga sumber informasi dalam kampanye. Lalu saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan yaitu melalui saluran tatap muka, media sosial dan juga atribut kampanye. Dalam menyampaikan Pesan volunteer membagi pesan sesuai dengan khalayak yang mereka tuju, lalu dalam menjangkau khalayak tersebut volunteer melakukan pendekatan dengan cara mendatangi langsung khalayak yang menjadi target nya. Dan effect yang didapatkan selama kampanye masih dalam effect jangka pendek dan belum sepenuhnya mencapai tujuan kampanye. Kata kunci : Volunteer EHT ,Proses Kampanye. ABSTRACT Yulian Danti. Nim. 6662170111. Skripsi. Volunteer Sebagai Penggerak Kampanye Bijak Penggunaan Listrik (Studi kasus pada kampanye Switch Off Komunitas Earth Hour Tangerang). Pembimbing I: Andin Nesia, M. I.Kom dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si. One of the volunteer-based social movements, namely the Tangerang Earth Hour Community. Through the Switch Off Campaign, the Tangerang Earth Hour Community Volunteers invite all people, especially in Tangerang City to be wise in using electricity. Earth Hour Tangerang Community Volunteers carry out a long campaign process to achieve the objectives of the Switch Off campaign, namely reducing electricity use and making Switch Off a daily routine agenda that is carried out every day. However, during this campaign, this goal has not been fully obtained by the Volunteer, for that the direction of this research is to see how the process is carried out by the Volunteer in campaigning for the Switch Off Movement. The model used in this research is Denis MCQuail's Campaign Process model, according to this model the campaign must consider six aspects, namely sources, channels, messages, message barriers, audience reach and effects. This study uses a descriptive qualitative approach with a case study research method by describing the data into descriptive or writing. Data collection using deep interviews. Informants in this study are volunteers who are members of the Tangerang Earth Hour Community. The results obtained when conducting the research said that the source, namely volunteers, had a position in the eyes of the public as a mover and also a source of information in the campaign. Then the channels used to convey messages are through face-to-face channels, social media and campaign attributes. In delivering messages, volunteers share messages according to their intended audience, then in reaching that audience, volunteers approach by going directly to the target audience. And the effects obtained during the campaign are still in short-term effects and have not fully achieved the campaign goals. Keywords: Volunteer EHT, Campaign Process.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:26
Last Modified: 19 Jul 2024 15:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item View Item