Hakim, Zerri Rahman (2021) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN IPS. JPG: Jurnal Pendidikan Guru Universitas Ibn Khaldun Bogor Vol 2 (4), Oktober 2021 (new current issues has ben published), 2 (4). pp. 191-198. ISSN 2721-1002
Text
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN IPS.pdf Download (302kB) |
Abstract
ABSTRACT Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan penggunakaan model pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran, pada mata pelajaran ilmu pengetahuan soaial yang dinilai masih rendah pada SDN Serang 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Serang 2. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan instrument non tes berupa lembar obervasi dan dokumentasi. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | M.Pd Zerri Rahman Hakim |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 10:22 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 10:22 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8606 |
Actions (login required)
View Item |