Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MATERI KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SEKOLAH DASAR Studi Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas III SDN Banjar Agung 4

Kusnia Dewi, Tiara (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MATERI KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SEKOLAH DASAR Studi Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas III SDN Banjar Agung 4. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MATERI KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SEKOLAH DASAR.pdf

Download (5MB)

Abstract

This study aims to find out how to develop scrapbook learning media for the material essay description on the subjects of Indonesian in grade III primary school and to determine the feasibility of scrapbook learning media for the material essay description on the Indonesian language in grade III developed elementary school received a judgment worthy of experts. This research was conducted in SDN Banjar Agung 4 with the subjects of class III-A students of 28 students with the details of 17 students on a limited trial. The type of research used refers to the development model Thiagarajan, Semmel, and Semmel. This model consists of 3 stages namely, defining (define ), planning (design), development stage (develop). The instruments used are questionnaires for media validation by expert lecturers as well as teacher and student response questionnaire. Based on data analysis, it can be concluded that the quality of scrapbook media developed is included in very decent category with 96.11% percentage from 2 material experts, very decent category with 85% percentage from 2 media experts, and 94% from 2 linguists. Student response to media scrapbook on trial with 17 respondents equal to 89,83% with very good category.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerwan, HerwanUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran scrapbook untuk materi karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook untuk materi karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar yang dikembangkan mendapat penilaian yang layak dari pakar. Penelitian ini dilakukan di SDN Banjar Agung 4 dengan subjek penelitian siswa kelas III-A sejumlah 28 siswa dengan rincian 17 siswa pada uji coba terbatas. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define ), tahap perencanaan (design ), tahap pengembangan (develop ). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli serta guru dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas media scrapbook yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 96,11% dari 2 ahli materi, kategori sangat layak dengan presentase 85% dari 2 ahli media, dan 94% dari 2 ahli bahasa. Respon siswa terhadap media scrapbook pada uji coba dengan 17 responden sebesar 89,83% dengan kategori sangat baik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 11:33
Last Modified: 19 Nov 2021 11:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item