Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGUKURAN DRIVER BEHAVIOR DAN IDENTIFIKASI HUMAN ERROR PENGENDARA MOTOR DI CILEGON DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART)

RIZQANDINI, LISAN AULIYA (2018) PENGUKURAN DRIVER BEHAVIOR DAN IDENTIFIKASI HUMAN ERROR PENGENDARA MOTOR DI CILEGON DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL DRAFT LISAN AULIYA R (3333140242).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Lisan Auliya R (3333140242).pdf

Download (91kB)

Abstract

Saat ini banyak masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi sehingga berpengaruh pada tingkat kepadatan jalan raya yang semakin tinggi. Masyarakat yang semula menjadi pengguna kendaraan umum mulai beralih ke transportasi pribadi karena memiliki berbagai kemudSahan antara lain dapat mengatur rute sesuai dengan kebutuhan, dapat bepergian sewaktu-waktu, terhindar dari keadaaan harus menunggu kendaraan umum lewat dan berbagai kemudahan lain. Salah satu kendaraan pribadi yang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu kendaraan sepeda motor. Namun seiring dengan bertambahnya pengguna sepeda motor, tingkat kecelakaan lalu lintas juga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kelalaian pengendara motor dan kurangnya kesadaran pengendara motor untuk lebih berhatihati ketika berkendara. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Driver behavior questionnaire (DBQ) untuk mengetahui kebiasaan pengendara mana yang sering dilakukan dan menyebabkan kecelakaan, selanjutnya dilakukan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara driver behavior dengan faktor yang dapat mempengaruhi driver behavior seperti umur, tingkat kecelakaan dan pengalaman berkendara. Metode umum yang digunakan adalah metode Human Error Assesment and Reduction Technique yang akan mengidentifikasi aktivitas pengendara yang paling sering terjadi kesalahan. Penelitian dilakukan di Kota Cilegon dan penyebaran kuesioner dilakukan pada 8 kecamatan di Kota Cilegon. Hasil dari penyebaran kuesioner DBQ diketahui driver behavior yang sering dilakukan pengendara motor di kota cilegon adalah melebihi batas kecepatan pada jalan raya. Kemudian dari hasil analisis korelasi didapatkan bahwa umur, tingkat kecelakaan dan pengalaman berkendara memiliki hubungan yang signifikan dengan driver behavior pengendara motor. Dari hasil penelitian menggunakan metode Human Error Assesment and Reduction Technique (HEART) didapatkan aktivitas pengendara motor yang paling sering terjadi kesalahan atau error adalah pada aktivitas memperhatikan lalu lintas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Driver Behavior Questionnaire (DBQ), Analisis Korelasi, HTA, Human Error Assesment and Reduction Technique (HEART).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Nov 2024 15:12
Last Modified: 14 Nov 2024 15:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/43829

Actions (login required)

View Item View Item