Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KARAKTERISTIK PERGERAKAN PENGGUNA KERETA COMMUTER LINE (KRL) SEBAGAI DASAR PENGOPTIMALAN KAWASAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (Studi Kasus: Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang)

HADIANSYAH, IVAN (2020) ANALISIS KARAKTERISTIK PERGERAKAN PENGGUNA KERETA COMMUTER LINE (KRL) SEBAGAI DASAR PENGOPTIMALAN KAWASAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (Studi Kasus: Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA Ivan Hadiansyah (3336160069) (Teknik Sipil).pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak TA Ivan Hadiansyah 3336160069 (B.indo & B.inggris).pdf

Download (147kB)

Abstract

Stasiun Cisauk yang terletak di Kabupaten Tangerang merupakan Stasiun KRL yang sudah menerapkan kawasan berkonsep (TOD) Transit Oriented Development. Konsep TOD merupakan pembangunan kawasan campuran yang berada pada atau disekitar simpul transit transportasi yang mendukung kawasan padat sehingga meminimalkan pergerakan menggunakan kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik pergerakan pengguna KRL di Staiun Cisauk dan prinsip TOD yang sudah diterapkan di kawasan Stasiun Cisauk serta mengoptimalkan kawasan TOD di Stasiun Cisauk. Penilitian ini mengambil data dengan cara observasi dengan pedoman standar TOD ke-3 ITDP dan kuesioner. Kemudian data diolah dengan SPSS dan metode scoring serta SWOT. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengguna KRL di Stasiun Cisauk mayoritas menggunakan moda angkutan online baik menuju atau meninggalkan Stasiun Cisauk dan mayoritas berdomisili >2km dari Stasiun Cisauk. Untuk prinsip yang sebagian besar sudah diterapkan yaitu menghubungkan, angkutan umum, merapatkan dan beralih. Untuk mengoptimalkan kawasan TOD ini perlu mengembangkan prinsip berjalan kaki, bersepeda, pembauran dan memadatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorUjianto, RifkyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pergerakan pengguna, kawasan TOD, Stasiun Cisauk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2024 15:49
Last Modified: 04 Oct 2024 15:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42820

Actions (login required)

View Item View Item