Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK BERDASARKAN BEBAN KARDIOVASKULAR DAN KONSUMSI OKSIGEN PADA DIVISI PRODUKSI PT PENUH BERKAH MULIA

MANURUNG, OKTOPAN PARLINDUNGAN (2021) PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK BERDASARKAN BEBAN KARDIOVASKULAR DAN KONSUMSI OKSIGEN PADA DIVISI PRODUKSI PT PENUH BERKAH MULIA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Tugas Akhir_Oktopan Parlindungan M_3333160098 Full Edition.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Laporan Tugas Akhir_Oktopan Parlindungan M_3333160098 Cover-Abstrak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terdapat dua jenis pallet yang diproduksi oleh PT Penuh Berkah Mulia yaitu pallet lokal dengan berat 18 kg dan pallet ekspor dengan berat 20 kg. Proses pengangkutan dan penyusunan pallet dilakukan di Divisi Produksi. Setiap Operator pada divisi produksi melakukan proses pengangkutan dan penyusunan pallet ke dalam gudang dengan manual handling yang berjumlah 135 pallet lokal dan 150 pallet ekspor perhari dengan waktu 10-20 menit per 15 pallet dalam 1 tumpukan selama tiga hari berturut-turut. Selanjutnya dilakukan pengukuran beban kerja fisik berdasarkan perhitungan denyut nadi kerja, perhitungan konsumsi energi, perhitungan beban kardiovaskular, perhitungan konsumsi energi untuk mengidentifikasi beban kerja fisik operator pada bagian pallet lokal dan pallet ekspor. Data ini diperoleh dari hasil wawancara langsung ke operator, pengukuran tekanan darah dan pengukuran denyut nadi. Hasil penelitian operator bagian pallet lokal dan bagian pallet ekspor berdasarkan denyut nadi kerja yaitu dari kategori ringan hingga moderat, berdasarkan konsumsi energi yaitu kategori perlu perbaikan dan berdasarkan konsumsi oksigen yaitu kategori berat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Thesis advisorSusihono, WahyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Fisik, DNK, KE, %CVL dan VO2 Max.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2024 15:23
Last Modified: 18 Sep 2024 15:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42263

Actions (login required)

View Item View Item