Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN TRAFFIC LIGHT SYSTEM DAN METODE KEPNER-TREGOE (STUDI KASUS PT. KRAKATAU WAJATAMA)

Setiawan, Robi (2021) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN TRAFFIC LIGHT SYSTEM DAN METODE KEPNER-TREGOE (STUDI KASUS PT. KRAKATAU WAJATAMA). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
RobiSetiawan_Skripsi_3333160092.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover_Abstrak_RobiSetiawan_3333160092.pdf

Download (458kB)

Abstract

PT. Krakatau Wajatama saat ini belum memiliki sistem pengukuran yang berfokus terhadap SDM yaitu karyawan. Untuk itu perusahaan ingin mengembangkan pengukuran kinerja yang berfokus terhadap pengelolaan SDM yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi karyawan terhadap visi, misi, dan strategi perusahaan. Penelitian ini adalah implementasi dari hasil penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh Wahyuni dan Setiawan (2019) dengan merancang sistem pengukuran kinerja SDM menggunakan HR Scoecard. Hasil dari 30 KPI dilakukan identifikasi permasalahan dengan menggunakan Scoring System dan Traffic Light System . Selanjutnya dilakukan Analisis Kepner-Tregoe untuk mengetahui penyebab permasalahan dan memberikan usulan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis pengukuran kinerja SDM pada tahun 2019 diperoleh total skor keseluruhannya 70,74 artinya kinerja SDM harus terus ditingkatkan. Selanjutnya dari empat KPI yang diberi tanda berwarna merah beserta usulan perbaikannya yaitu KPI standar revenue karyawan usulan perbaikannya adalah dengan melakukan perubahan sistem pengelolaan SDM secara terperinci (rekrutmen, penggajian, pelatihan). KPI rata-rata poduktivitas kayawan dengan usulan perbaikannya adalah mengevaluasi SOP dan Job Desc setiap karyawan. KPI jumlah kompetensi yang telah didokumentasikan dengan usulan perbaikannya adalah hasil dokumen kompetensi karyawan terintegrasi dalam satu software/aplikasi. Terakhir KPI prosentase jumlah karyawan yang telah dimapping/memiliki data kompetensi dengan usulan perbaikannya adalah melakukan pelatihan atau kompetensi yang harus disesuaikan terhadap karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, AkbarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kinerja sumber daya manusia, Key Performance Indicator, Kepner-Tregoe, Traffic Light System
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2024 10:50
Last Modified: 18 Sep 2024 10:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42254

Actions (login required)

View Item View Item