Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIG BOOK (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Panggarangan Lebak Banten)

ERNIAWATI, PANESA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIG BOOK (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Panggarangan Lebak Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIG BOOK.pdf

Download (7MB)

Abstract

This study aims to improve the ability of early reading through the big book media in the group B children in kindergarten PGRI Panggarangan. This study motivated by the low ability of children in early reading. This research is an action research using Kurt Lewin's research model which is done in two cycles. in cycle 1 as much as 6 times action and cycle 2 as much as 5 times action, with success criteria 75%. Each cycle at each meeting consists of four stages: planning, action, observation and reflection. Research subjects are 15 children of group B. The research object is the ability of early reading. Data collection techniques in this study are observation, field notes, interview notes and documentation. The research instrument used in the form of observation sheet instrument in the form of check list. Indicators studied is the indicator ability to mention the symbol of the sound of letters, the indicator mentions the same phonemes, and the indicator read the word. Data analysis consists of data reduction, data presentation and conclusion.The results showed that the big book media can improve the ability of early reading. At the pre-action stage the percentage of average achievement of the child just reaches 27,22%. At the implementation of Cycle I percentage is achieved at 50,98%, and the achievement of the early reading ability in cycle II by 75,84%. The increase from pre-action to Cycle I was 23,76% and the increase from Cycle I to Cycle II was 24,86%. Based on the data that has been obtained, it can be concluded that by using the big book media can improve the early reading ability of group B children in kindergarten PGRI Panggarangan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFadullah, FadullahUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media big book pada anak Kelompok B di TK PGRI Panggarangan. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus.pada siklus I sebanyak 6 kali tindakan dan siklus 2 sebanyak 5 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan 75%. Setiap siklus pada setiap pertemuannya terdii dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 15 anak kelompok B. objek penelitian yakni kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list. Indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan lambing bunyi huruf, indikator menyebutkan fonem yang sama, dan indikator membaca kata. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca pemulaan. Pada tahap pra tindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai persentasi 27,22%. Pada pelaksanaan Siklus I persentase yang dicapai sebesar 50,98%, dan pencapaian kemampuan membaca pemulaan pada siklus II sebesar 75,84%. Peningkatan dari pratindakan ke Siklus I sebesar 23,76% dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 24,86%. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK PGRI Panggarangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:22
Last Modified: 29 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item