Esfafate, Gega Azzrafitrullah (2024) ANALISIS SIMULASI KAPASITAS HYDROGEN STORAGE TANK DALAM PROSES PENGISIAN HYDROGEN PADA MOBIL JTM. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_Fulltext.pdf Download (2MB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_01.pdf Download (654kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_02.pdf Download (269kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_03.pdf Download (185kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_04.pdf Download (969kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_05.pdf Download (48kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_Ref.pdf Download (111kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_LAMP.pdf Download (408kB) |
|
Text
GEGA AZZRAFITRULLAH ESFAFATE_3331200056_CP.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas tangki penyimpanan hidrogen dalam proses pengisian hidrogen pada mobil JTM melalui simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tekanan yang dapat disimpan dalam tangki, suhu maksimum selama proses pengisian, densitas maksimum yang dapat disimpan dalam tangki, serta tipe tangki terbaik berdasarkan hasil simulasi CFD. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tangki tipe 2 memiliki tekanan maksimum yang lebih tinggi dibandingkan tipe 1 dan 3, namun suhu maksimum pada tipe 1 lebih rendah dibandingkan dengan tipe 2 dan 3. Densitas maksimum dalam tangki tipe 2 lebih kecil dibandingkan dengan tipe 1, namun lebih besar dibandingkan tipe 3. Berdasarkan analisis ini, tangki tipe 1 disimpulkan sebagai yang terbaik untuk dipasang pada mobil JTM, karena meskipun tekanannya tidak sebesar tipe 2, namun dari segi suhu dan densitas, tipe 1 lebih unggul dibandingkan tipe 2 dan 3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ketiga tipe tangki memenuhi standar ISO 11439:2013 dengan tekanan maksimum yang berbeda-beda. Tipe 1 (367,7 bar), tipe 2 (407,6 bar), dan tipe 3 (339,01 bar).Suhu maksimum setelah proses pengisian adalah: tipe 1 (19,8°C), tipe 2 (31,7°C), dan tipe 3 (24°C), yang semuanya berada dalam rentang aman sesuai standar ISO 11439:2013. Densitas maksimum yang dapat disimpan tipe 1 (23,9 kg/m³), tipe 2 (25,58 kg/m³), dan tipe 3 (22,09 kg/m³). Tangki tipe 1 adalah tangki yang terbaik untuk mobil JTM dengan tekanan maksimum 367,7 bar, suhu hidrogen 19,8°C, dan densitas 23,9 kg/m³.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TS Manufactures |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Gega Azzrafitrullah Esfafate | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 12:04 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 12:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40829 |
Actions (login required)
View Item |