Sulastri, Ratu (2024) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Kafe Cavelet). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
RATU SULASTRI_5554200060 fullteks.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
RATU SULASTRI_5554200060 02.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
|
Text
RATU SULASTRI_5554200060 03.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text
RATU SULASTRI_5554200060 04.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) |
|
Text
RATU SULASTRI_5554200060 05.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
Text
RATU SULASTRI_5554200060 ref.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text (SKRIPSI)
RATU SULASTRI_5554200060 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
RATU SULASTRI_5554200060 01.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas konsumen dengan studi kasus pada Kafe Cavelet. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, etika bisnis menjadi landasan penting untuk keberlanjutan dan kesuksesan perusahaan. Etika bisnis Islam yang mencakup nilai-nilai kejujuran, penggunaan barang berkualitas baik, membangun hubungan baik dengan konsumen, etika menetapkan harga, ihsan diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di Kafe Cavelet mampu meningkatkan loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan yang baik, kejujuran dalam transaksi, serta sikap adil dan bertanggung jawab terhadap konsumen. Dengan demikian, prinsip-prinsip etika bisnis Islam dapat menjadi strategi efektif dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen di industri kafe. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis Islam diterapkan di Kafe Cavelet dan bagaimana penerapan tersebut mempengaruhi loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik bisnis Islam yang dilakukan Cavelet Cafe telah dijalankan sesuai dengan kegiatan bisnis Islam yang berlandaskan pada etika bisnis Islam. Akan tetapi, cavelet cafe ini belum sepenuhnya menerapkan indikator membangun hubungan baik dengan konsumen dan ihsan atau kebajikan dalam melayani konsumen. Loyalitas konsumen di Kafe Cavelet ditunjukkan melalui tingginya tingkat kepuasan, kepercayaan, dan komitmen untuk melakukan pembelian ulang. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Konsumen, Kafe Cavelet, Strategi Bisnis
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas konsumen dengan studi kasus pada Kafe Cavelet. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, etika bisnis menjadi landasan penting untuk keberlanjutan dan kesuksesan perusahaan. Etika bisnis Islam yang mencakup nilai-nilai kejujuran, penggunaan barang berkualitas baik, membangun hubungan baik dengan konsumen, etika menetapkan harga, ihsan diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di Kafe Cavelet mampu meningkatkan loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan yang baik, kejujuran dalam transaksi, serta sikap adil dan bertanggung jawab terhadap konsumen. Dengan demikian, prinsip-prinsip etika bisnis Islam dapat menjadi strategi efektif dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen di industri kafe. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis Islam diterapkan di Kafe Cavelet dan bagaimana penerapan tersebut mempengaruhi loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik bisnis Islam yang dilakukan Cavelet Cafe telah dijalankan sesuai dengan kegiatan bisnis Islam yang berlandaskan pada etika bisnis Islam. Akan tetapi, cavelet cafe ini belum sepenuhnya menerapkan indikator membangun hubungan baik dengan konsumen dan ihsan atau kebajikan dalam melayani konsumen. Loyalitas konsumen di Kafe Cavelet ditunjukkan melalui tingginya tingkat kepuasan, kepercayaan, dan komitmen untuk melakukan pembelian ulang. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Konsumen, Kafe Cavelet, Strategi Bisnis | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Loyalitas Konsumen, Kafe Cavelet, Strategi Bisnis Islamic Business Ethics, Consumer Loyalty, Cavelet Cafe, Business Strategy | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
|||||||||
Divisions: | 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah |
|||||||||
Depositing User: | Ratu Sulastri | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2024 13:12 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 15:52 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40273 |
Actions (login required)
View Item |