Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI CIPARE

MASNGIARSI, HUTRI (2018) KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI CIPARE. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI CIPARE.PDF

Download (9MB)

Abstract

This study airms to determine the relationship of reading interest and student achievment in fifth grade on civic education. The method used in this research is quantitative descriptive with correlational technique and sampling is done by cluster sampling. Data correlation techniques are done through questionnaire of reading interest using likert scale and a multiple choice learning achievement test. Based on the data analysis, the correlation coefficient in this study is 0,80 and included as very high category. The number indicates that the correlation is positif. While the coefficient of determination obtained is 65,44 %. These result indicate that number of contribution of reading interest and learning achivement is 65,44 %. The significant correlation test result at significant level = 0,05 obtained It can be concluded that there is a significant positive relationship of reading interest and learning achievement in fifth grade on civic education.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Cipare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling/area sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket minat baca menggunakan skala likert dan tes prestasi belajar PKn yang berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data didapatkan koefisien korelasi pada penelitian ini adalah 0,80 dan termasuk kedalam kategori sangat kuat. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif. Sementara itu koefisien determinasi yang diperoleh adalah 65,44 %. Hal ini mengindikasikan bahwa besarnya kontribusi minat baca dengan prestasi belajar peserta didik adalah sebesar 65,44 %. Hasil uji signifikan korelasi pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:12
Last Modified: 28 Oct 2021 08:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item