Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN TABIR SURYA EKSTRAK BUNGA PACING (COSTUS PULVERULENTUS C. PRESL) DAN BUNGA PISANG-PISANGAN (HELICONIA METALLICA PLANCH. & LINDEN EX HOOK.F) DENGAN METODE SONIKASI

ADELINA, CITRA and NURMASFIANIE, DINE (2018) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN TABIR SURYA EKSTRAK BUNGA PACING (COSTUS PULVERULENTUS C. PRESL) DAN BUNGA PISANG-PISANGAN (HELICONIA METALLICA PLANCH. & LINDEN EX HOOK.F) DENGAN METODE SONIKASI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Penelitian Citra-Dine.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak (39).pdf

Download (69kB)

Abstract

Bunga pacing (Costus pulverulentus c. presl) dan bunga pisang-pisangan (Heliconia metallica planch. & linden ex hook.f) telah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tetapi penelitian tentang golongan senyawa kimia yang terkandung dan aktivitas antioksidan dari kedua bunga ini belum dilakukan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui golongan senyawa kimia dan aktivitas antioksidan dari bunga pacing dan bunga pisang-pisangan. Metode yang digunakan adalah ekstraksi sonikasi dengan pelarut etanol 96%. Setelah didapatkan ekstrak kental, dilakukan uji karakteristik pada ekstrak kental meliputi uji fitokimia, analisa antioksidan dengan metode DPPH, analisa SPF, dan analisa GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peredaman radikal bebas oleh ekstrak etanol bunga pacing dan bunga pisang-pisangan menunjukkan bahwa konsentrasi yang tinggi akan meningkatkan aktivitas peredaman radikal bebas. Kandungan fitokimia yang terdapat pada ekstrak etanol bunga pacing yaitu senyawa flavonoid dan tanin, sedangkan ekstrak etanol bunga pisang-pisangan mengandung senyawa flavonoid, saponin dan tanin.Nilai IC50 ekstrak etanol bunga pacing yaitu 550,92 ppm dan ekstrak etanol bunga pisang-pisangan yaitu 217,06 ppm. Nilai SPF yang dihasilkan oleh ekstrak etanol 96% bunga pacing dengan konsentrasi 100 ppm, 200 ppm, 300 ppm, 400 ppm dan 500 ppm berturutturut adalah 0,99; 2.37; 3,72; 5,19 dan 6,58. Dan untuk ekstrak etanol bunga pisang-pisangan dengan konsentrasi yang sama dihasilkan nilai SPF sebesar 5,01; 11,2; 17,02; 22,3 dan 26,47.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRochmat, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi, IC50, DPPH, SPF
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2024 15:19
Last Modified: 01 Aug 2024 15:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40002

Actions (login required)

View Item View Item