Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS MANAJEMEN PERUBAHAN DENGAN 8 TAHAPAN KOTTER (STUDI KASUS DI PT BAKRIE METAL INDUSTRIES)

VERONICA, SARA (2018) ANALISIS MANAJEMEN PERUBAHAN DENGAN 8 TAHAPAN KOTTER (STUDI KASUS DI PT BAKRIE METAL INDUSTRIES). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA (SARA VERONICA - 3333141126).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak dan Abstract.pdf

Download (120kB)

Abstract

Perubahan yang dinamis perlu menyesuaikan diri di tengah lingkungan yang selalu berubah agar dapat mempertahankan posisinya di tengah-tengah persaingan antar perusahaan. Penerapan program perubahan yang berhasil mengintegrasikan sumber daya baik internal maupun eksternal serta mengoptimalkan semua area fungsi bisnis agar dapat mempertahankan keunggulan kompetitif dalam persaingan antar perusahaan. PT BMI melakukan manajemen perubahan dalam rangka meningkatkan keterlibatan dan pencapaian tujuan organisasi. Pengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada karyawan sebanyak 49 orang. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi manajemen perubahan, menganalisa implementasi manajemen perubahan, dan mengusulkan rencana strategi implementasi manajemen perubahan di PT BMI. Identifikasi manajemen perubahan menggunakan diagram fishbone terdapat lima penyebab yaitu faktor manusia, material, metode, mesin, dan lingkungan. Penerapan perubahan menggunakan 8 tahapan Kotter dilakukan sampai tahapan keenam yaitu memunculkan kemenangan jangka pendek. Memunculkan kemenangan jangka pendek yaitu tim sales berhasil mencapai target order yang ditetapkan dan berhasil melakukan tender jasa pemasangan. Usulan perencanaan strategi dalam implementasi manajemen perubahan menggunakan analisa SWOT yaitu strategi pertumbuhan. PT BMI menjalankan strategi dengan menurunkan harga yaitu dengan menekan biaya produksi sampai 20%, menambah kualitas produk dan jasa dengan tetap melakukan produksi jembatan baja atau baja bergelombang berdasarkan konsumen dan mengurangi produk yang cacat

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKatili, Putiri BhuanaUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis SWOT, manajemen perubahan, manajemen strategi, 8 tahapan Kotter
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jul 2024 11:12
Last Modified: 18 Jul 2024 11:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38779

Actions (login required)

View Item View Item