Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERANCANGAN KLASTER INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) DI KOTA CILEGON DENGAN PENDEKATAN SISTEM RANTAI PASOK SKRIPSI

ANGGRAINI, ZUNIKA DWI (2018) USULAN PERANCANGAN KLASTER INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) DI KOTA CILEGON DENGAN PENDEKATAN SISTEM RANTAI PASOK SKRIPSI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL EDITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)

Abstract

Strategi pembangunan industri ke depan, mengadaptasi dari pemikiran-pemikiran yang berkembang saat ini, yaitu pengembangan industri melalui pendekatan klaster. Kota Cilegon merupakan kota dengan banyak industri petrokimia serta industri-industri besar lainnya, hendaknya bisa menjadi potensi bagi kesejahteraan masyarakat kota Cilegon, makadari itu peneliti ingin merancang klaster IKM turunan petrokimia dengan pendekatan sistem rantai pasok. Tujuan penelitian adalah merancang pengembangan klaster IKM turunan petrokimia di Cilegon, menentukan faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan klaster IKM, serta merancang skenario perbaikan dalam pengembangan klaster IKM dengan simulasi sistem dinamis. Berdasarkan hasil rancangan klaster IKM maka stakeholder dalam perancangan adalah pemerintah, perusahaan besar, dan pelaku usaha. Jenis produk yang akan diproduksi adalah kemasan plastik, botol plastik, dan kantong plastik. Lokasi pengembangan klaster IKM yang tepat adalah berada di kecamatan Grogol. Bahan baku yang digunakan IKM turunan petrokimia dapat diperoleh dari pabrik yang memproduksi polyethylene di kecamatan Grogol seperti PT Lotte Chemical Titan. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pengembangan klaster IKM adalah faktor dukungan pemerintah dan faktor kekuatan bisnis lokal. Hasil simulasi yang didapatkan bahwa usulan alternatif kedua dinilai cukup handal untuk menghadapi permintaan pasar yang fluktuatif. Dari hasil simulasi maka diperoleh rata-rata produksi sebesar 228.513.6914 pcs, rata�rata stok produksi 821.742,4 dan rata-rata penjualan 200.000 pcs.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRidwan, AsepUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Klaster, IKM, PLS, Simulasi, Sistem Dinamik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 14:33
Last Modified: 15 Jul 2024 14:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38479

Actions (login required)

View Item View Item