Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN KONDISI KERJA MELALUI KEPUTUSAN MANAJEMEN RISIKO BERDASARKAN IDENTIFIKASI 8 ASPEK ERGONOMI

Trisesya, Gilang Lian (2022) USULAN PERBAIKAN KONDISI KERJA MELALUI KEPUTUSAN MANAJEMEN RISIKO BERDASARKAN IDENTIFIKASI 8 ASPEK ERGONOMI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
3. Skripsi Full_Gilang Lian Trisesya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
4. Cover sampai dengan Abstrak Bahasa Inggris_Gilang Lian Trisesya.pdf

Download (882kB)

Abstract

CV Trubus Segar Bersaudara merupakan Industri pangan yang memproduksi es batu jenis es tube dan es serut di Tuban, Jawa Timur. Permasalahan yang terjadi yaitu aktivitas kerja yang kurang memadai dengan mengangkat es batu mencapai 5 kg dan aktivitas tersebut dilakukan secara berulang kali atau sebanyak 40-50 kali per cycle dalam waktu 20 menit serta jarak yang ditempuh dari mesin ice bean menuju mesin seal yaitu 2 meter. Hal ini mengakibatkan salah satu pekerja dalam 1 shift tidak dapat hadir bekerja dikarenakan keluhan sakit pada otot bagian lengan atas serta mengakibatkan penurunan target produksi dalam perharinya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan kondisi kerja dengan melakukan identifikasi terlebih dahulu berdasarkan 8 aspek. Sehingga berdasarkan identifikasi menggunakan 8 aspek ergonomi, permasalahan yang ditemukan masuk ke dalam kategori aspek tenaga otot berdasarkan aktivitas yang digunakan pekerja lebih berat yaitu tenaga otot. Selanjutnya untuk mengetahui letak rasa sakit otot yang dikeluhkan oleh pekerja digunakannya metode NBM dengan pengisian kuesioner NBM yang dilakukan oleh 5 tenaga kerja, sehingga mendapatkan hasil lokasi keluhan musculoskeletal yaitu lengan atas kiri, punggung dan lengan atas kanan. Kemudian dilakukan penilaian pada postur tubuh pekerja dengan menggunakan metode RULA, dimana hasil yang diperoleh dari penilaian postur kerja menggunakan metode RULA dengan bantuan software CATIA didapatkan skor 7 pada 3 operator dan skor 6 pada 2 operator. Sehingga diperlukan usulan perbaikan berupa alat bantu yaitu keranjang roda untuk membantu dalam meminimalisir kegiatan mengangkat, serta kebijakan yang diambil oleh CV Trubus Segar Bersaudara berdasarkan ISO 31000:2018 yaitu mitigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSusihono, WahyuUNSPECIFIED
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: 8 Aspek Ergonomi, es batu, ISO 31000:2018, Nordic Body Map (NBM), Rapid Upper Limb Assessment (RULA)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jul 2024 16:04
Last Modified: 08 Jul 2024 16:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37878

Actions (login required)

View Item View Item