Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN NASIONAL DI KOTA SERANG (Studi Kasus : Ruas Jalan Batas Kota Tangerang - Batas Kota Serang KM 68 – KM 88)

Magdalena, Yesika (2018) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN NASIONAL DI KOTA SERANG (Studi Kasus : Ruas Jalan Batas Kota Tangerang - Batas Kota Serang KM 68 – KM 88). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
cover - lampiran - Yesika Magdalena (3336141179).pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak - yesika magdalena (3336141179).pdf

Download (372kB)

Abstract

Ruas Jalan Batas Kota Tangerang – Batas Kota Serang merupakan salah satu ruas jalan nasional di Kota Serang yang cukup penting karena, ruas jalan nasional ini digunakan sebagai prasarana penghubung antar kota yang sering dilewati kendaraan kecil maupun kendaraan besar. Tingginya jumlah kendaraan yang melintas dan minimnya fasilitas keselamatan di sepanjang jalan menyebabkan kecelakaan lalu lintas sering terjadi di daerah ini. Berdasarkan data yang didapat selama enam tahun terakhir jumlah kecelakaan yang sudah terjadi sebanyak 923 kejadian, maka beberapa rumusan masalah yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, karakteristik kecelakaan lalu lintas, lokasi blacklink pada jalan nasional ini dan menetapkan upaya-upaya penanganan kecelakaan yang dapat dilakukan pada lokasi-lokasi blacklink. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kecelakaan, karakteristik kecelakaan lalu lintas, lokasi rawan kecelakaan (blacklink), dan upaya-upaya penanganan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecelakaan di lokasi blacklink. Data yang digunakan adalah data primer yang merupakan data hasil survey dan data sekunder yang merupakan data kecelakaan lalu lintas selama enam tahun terakhir terhitung dari tahun 2012 – 2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode karakteristik, angka ekivalen kecelakaan (AEK), batas kontrol atas (BKA) dan metode statistik kendali mutu (UCL). Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab terjadinya kecelakaan pada ruas jalan ini adalah faktor pemakai jalan. Karakteristik kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan ini adalah hari kejadian, waktu kejadian, jenis kendaraan, tipe tabrakan, jenis korban, jenis kelamin pelaku, usia pelaku dan pekerjaan pelaku. Lokasi rawan kecelakaan (blacklink) terletak di KM 68, KM 69, KM 72, KM 73 dan KM 75. Beberapa strategi peningkatan keselamatan di blacklink dalam segi infrastuktur dan geometrik jalan yaitu perbaikan tekstur jalan yang bergelombang atau retak, melakukan pelebaran perkerasan jalan pada tikungan dan memperbaiki sistem drainase. Segi manajemen lalu lintas yaitu pembuatan pita kejut/rumble strip, pemasangan lampu penerangan jalan dan pemasangan rambu – rambu peringatan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorNovi, DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Blacklink, kecelakaan, AEK, BKA, UCL.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jun 2024 10:46
Last Modified: 27 Jun 2024 10:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36906

Actions (login required)

View Item View Item