Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI BERDASARKAN DATA CPT (STUDI KASUS PEMBANGUNAN GEDUNG BARU KAMPUS UNTIRTA SINDANG SARI)

SOFI’I, MOHAMAD AJI (2018) ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI BERDASARKAN DATA CPT (STUDI KASUS PEMBANGUNAN GEDUNG BARU KAMPUS UNTIRTA SINDANG SARI). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
1. DAFTAR ISI DAN SEBAGAINYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perencanaan suatu kontruksi bangunan harus mampu menahan berbagai beban yang dipikulnya, salah satu beban yang harus diperhatikan adalah beban gempa. Beban gempa tidak hanya menyebabkan kegagalan struktur atas tetapi juga dapat menyebabkan kegagalan struktur tanah, salah satunya yaitu terjadinya likuifaksi. Likuifaksi adalah suatu kejadian dimana tanah mengalami kehilangan kekuatan geser efektif karena meningkatnya tegangan air pori sebagai akibat terjadinya beban siklik yang sangat cepat dan dalam waktu sesaat .Dalam hal ini, penulis menjadikan lokasi pembangunan gedung baru kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berlokasi di Desa Sindang Sari Kab. Serang sebagai lokasi evaluasi potensi likuifaksi dengan menggunakan metode pendekatan data Cone Penetration Test (CPT).Analisis potensi likuifaksi ini bertujuan untuk mengetahui nilai faktor keamanan (FS) dengan membandingkan nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR) yang merupakan tahanan tanah terhadap terjadinya likuifaksi dan Cyclic Stress Ratio (CSR) yang merupakan tegangan geser yang ditimbulkan oleh gempa. Peristiwa likuifaksi akan terjadi untuk FS lebih kecil dari satu.Berdasarkan hasil analisa profil tanah pada lokasi penelitian, tanah tersebut dominan tanah pasir keras dan padat, hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata nilai CPT yang tinggi. Nilai CSR pada lokasi penelitian memiliki nilai cukup besar, hal tersebut diakibatkan oleh nilai percepatan gempa yang diperoleh dari SNI memiliki nilai rata-rata lebih dari 0,2 g. Faktor keamanan (FS) pada Lokasi dominan tidak terjadi likuifaksi hanya ada beberapa titik yang terjadi likuifaksi, nilai faktor keamanan rata-rata > 1.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusuma, Rama InderaUNSPECIFIED
Thesis advisorMina, EndenUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gempa Bumi, likuifaksi, cyclic stress ratio (CSR), cyclic resistance ratio (CRR), faktor keamanan (FS)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:07
Last Modified: 26 Jun 2024 14:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36835

Actions (login required)

View Item View Item