Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH CONTRACT CHANGE ORDER TERHADAP KETERLAMBATAN WAKTU PENYELESAIAN DAN BIAYA PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi kasus pada proyek gedung bertingkat tinggi di DKI Jakarta dan Tangerang)

ROHMAN, MOHAMMAD ABDUL (2019) ANALISIS PENGARUH CONTRACT CHANGE ORDER TERHADAP KETERLAMBATAN WAKTU PENYELESAIAN DAN BIAYA PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi kasus pada proyek gedung bertingkat tinggi di DKI Jakarta dan Tangerang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1 Mohammad Abdul R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 2 Mohammad Abdul R.pdf

Download (20kB)

Abstract

hange Order (CO) pada proyek konstruksi merupakan sebuah kejadian yang berakibat pada terjadinya modifikasi baik pada lingkup kerja, waktu pelaksanaan, atau biaya. Hal ini tidak dapat dihindari pada sebagian besar proyek akibat dari keunikan dari tiap proyek dan terbatasnya waktu dan uang dalam proses perencanaan. Jadi CO adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan pada industri konstruksi, untuk itu perlu dicari bagaimana pengaruh CO terhadap waktu pelaksanaan dan biaya pada proyek konstruksi dengan mengembangkan variabel Contract Change Order, variabel keterlambatan waktu penyelesaian dan biaya pada proyek konstruksi dan menguji pengaruh Contract change order terhadap keterlambatan waktu penyelesaian dan biaya pada proyek konstruksi. Penelitian ini bersifat eksplanatori dengan menggunakan metode kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara survei melalui penyebaran kuesioner dan divalidasi oleh para pakar untuk penentuan indikator. Data hasil penyebaran kuesioner akan diolah dengan metode Structural Equation Modeling menggunakan bantuan software LISREL v8.8 Trial Version yang dianalisis melalui Confirmatory Factor Analysis dengan uji kecocokan keseluruhan model (Goodness of Fit), uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisa menunjukan bahwa apabila Contract Change Order terjadi dapat menyebabkan adanya pertambahan biaya melalui keterlambatan waktu penyelesaian sebesar 47% dan pengaruh Contract Change Order secara langsung terhadap pertambahan biaya pada proyek konstruksi sebesar 50% dan berpengaruh terhadap keterlambatan waktu penyelesaian sebesar 92%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorUjianto, RifkyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contract Change Order (CCO), Keterlambatan, Waktu, Pertambahan, Biaya.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2024 14:46
Last Modified: 25 Jun 2024 14:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36748

Actions (login required)

View Item View Item