Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PERBANDINGAN METODE PELAKSANAAN DINDING PRECAST DENGAN DINDING BATA RINGAN DITINJAU DARI MUTU, BIAYA, DAN WAKTU (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG TINGKAT TINGGI DI JABODETABEK)

GALUH, DYAH AYU (2019) ANALISIS PERBANDINGAN METODE PELAKSANAAN DINDING PRECAST DENGAN DINDING BATA RINGAN DITINJAU DARI MUTU, BIAYA, DAN WAKTU (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG TINGKAT TINGGI DI JABODETABEK). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 2 COVER-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 1 ABSTRAK.pdf

Download (360kB)

Abstract

inding merupakan salah satu struktur bangunan yang berfungsi untuk melindungi penghuni dari serangan hewan buas, angin, panas matahari, maupun hujan. Dinding pada umumnya disusun dengan menggunakan bata merah. Akan tetapi, pada beberapa dekade ini terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada material dinding. Munculnya bata ringan yang merupakan material baru sebagai alternatif pengganti bata merah pada konstruksi dinding. Perkembangan teknologi dibidang konstruksi yang semakin pesat, sehingga terciptanya dinding precast. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode pelaksanaan dinding precast dengan dinding bata ringan) pada proyek Pembangunan Hotel Kebon Kacang 21, Amazana Apartemen, dan Thamrin Distric Apartemen dengam membandingkan mutu, biaya, dan waktu antara dinding precast yang merupakan teknologi baru dalam dunia konstruksi dengan dinding bata ringan. Hasil penelitian yang didapatkan ialah dari segi mutu lebih baik dinding precast karena dari segi hasil kuat tekan menunjukkan lebih kuat dinding precast dan sudah memenuhi standart. Segi biaya pelaksaan dinding bata ringan lebih hemat atau efisien, sedangkan dari segi waktu lebih efisien menggunakan dinding precast karena dalam waktu pemasangan tidak menghabiskan waktu cukup banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorUjianto, RifkyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pelaksanaan, Dinding Precast, Dinding Bata Ringan, Mutu, Biaya, Waktu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2024 11:49
Last Modified: 25 Jun 2024 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36736

Actions (login required)

View Item View Item