Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI EFEKTIVITAS FASILITAS JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DIPUSAT PERBELANJAAN MODERN (Studi Kasus : Super Mall Cilegon Banten)

SUMANTRI, RESTU YUDHASENA (2019) EVALUASI EFEKTIVITAS FASILITAS JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DIPUSAT PERBELANJAAN MODERN (Studi Kasus : Super Mall Cilegon Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
2. SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text (Abstrak)
1. ABSTRACK.pdf

Download (159kB)

Abstract

Akibat tingginya volume lalu lintas kendaraan sulit bagi pejalan kaki untuk menyebrang khususnya pada salah satu pusat perbelanjaan yang berada di kota Cilegon. Oleh karena itu sangat dibutuhkan ketersediaan fasilitas pejalan kaki berupa fasilitas penyeberangan pada daerah dimana pedestrian terkonsentrasi seperti di Jl. Jenderal Sudirman di depan Super Mall Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pedestrian dipusat perbelanjaan supermall cilegon, menilai dan mengevaluasi tingkat efektifitas jembatan penyeberangan bagi pejalan kaki serta mengevaluasi kondisi JPO dan mengevaluasi pemilihan jenis fasilitas penyberangan yang sudah terbangun. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan bahwa Karakteristik responden pada penelitian ini mayoritas adalah perempuan dengan jenis pekerjaan sebagai karyawan yang memiliki rentan umur antara 22 – 60 tahun dan berpendidikan terakhir SMA. Tujuan perjalanan responden didominasi dengan kegiatan belanja dan bekerja dengan frekuensi penggunan JPO 1x perminggu untuk responden yang berbelanja dan lebih dari 2x perminggu atau hampir tiap hari menggunakan fasilitas jembatan penyeberangan orang untuk pergi ketempat kerja. penggunan jembatan penyeberangan orang bagi pejalan kaki di Kota Cilegon Banten tepatnya di depan pusat perbelanjaan SuperMall secara umum relatif cukup hal ini ditunjukan pada perhitungan Skalla Guttman yaitu titik kesesuain 79,2% (syarat 60,1 – 80). Sehingga dapat dikatakan efektifitas termasuk di kriteria efektif serta hasil evaluasi kondisi JPO dapat disimpulkan kondisi JPO sudah sesuai dengan ketentuan namun perlu diperhtikan aspek kebersihan dan perawatan dari pihak terkait dan pemilihan jenis fasilitas penyeberangan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorIntari, Dwi estiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pejalan kaki, Karakteristik, Jembatan Penyeberangan, Evaluasi, Efektivitas
Subjects: Communication > Public Relations Science
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2024 10:40
Last Modified: 25 Jun 2024 10:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36716

Actions (login required)

View Item View Item