Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MENUJU BANDARA (Studi Kasus : Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang)

LESTARI, ERIKA MAYA KAMALIA (2018) ANALISA PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MENUJU BANDARA (Studi Kasus : Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1 (12).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 2 (13).pdf

Download (50kB)

Abstract

Aktivitas penduduk yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi serta tata ruang menyebabkan terjadinya pergerakan transportasi. Tingginya pergerakan transportasi menuntut proses pemilihan moda transportasi. Bandara Soekarno Hatta secara tidak langsung telah membawa pola pergerakan masyarakat seiring dengan pertumbuhan penumpang pesawat. Hal ini menuntut peningkatan moda transportasi menuju bandara. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perialku pengguna transportasi bus DAMRI dan kereta menuju bandara serta menganalisis pemilihan moda yang dipengaruhi perubahan atribut (variabel). Penelitian ini dilakukan dengan data hasil pendekatan observasi, hasil kuesioner, kajian literatur, dan pengolahan data menggunakan program SPSS. Atribut yang digunakan ialah biaya perjalanan (X1) waktu tempuh perjalanan (X2), jadwal keberangkatan (X3), pelayanan (X4), dan waktu menuju stasiun (X5). Hasil dari data survey karakteristik umum pengguna dalam pemilihan moda adalah responden merupakan 48% berjenis kelamin perempuan dan 52% merupakan laki laki. Dengan persentase usia pelaku perjalanan mayoritas ialah dewasa dengan usia 26 hingga 45 tahun. Persentase pengguna bus DAMRI sebesar 54%, sedangkan pengguna kereta api bandara sebesar 46%. Alasan pemilihan moda pada bus DAMRI mayoritas ialah pertimbangan harga dengan persentase 61,11% dan untuk kereta api bandara ialah pertimbangan kenyamanan dengan persentase pemilihan 50%. Dari hasil penelitian diperoleh model pemilihan moda berdasarkan atribut cost adalah (UDAMRI-UKA) = 0,737 – 0,00001827ΔX1, berdasarkan atribut time adalah (UDAMRI-UKA) = 0,408 – 0,009ΔX2, berdasarkan atribut headway ialah adalah (UDAMRI-UKA) = 0,130 – 0,005ΔX3, berdasarkan atribut service ialah adalah (UDAMRI-UKA) = 0,475 – 0,01ΔX4 dan berdasarkan atribut time acces ialah adalah (UDAMRI-UKA) = 0,057 –

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pemilihan moda, bus DAMRI, Kereta Api Bandara, stated preference
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 15:43
Last Modified: 24 Jun 2024 15:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36688

Actions (login required)

View Item View Item