Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ESTIMASI JARAK OBJEK PADA ARENA KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA MENGGUNAKAN KAMERA DENGAN METODE STEREOVISION

HUSEIN, ISKANDAR (2018) ESTIMASI JARAK OBJEK PADA ARENA KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA MENGGUNAKAN KAMERA DENGAN METODE STEREOVISION. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
ESTIMASI JARAK OBJEK PADA ARENA KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA MENGGUNAKAN KAMERA DENGAN METODE STEREOVISION , FULL TEXT.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu tugas penting dalam beberapa aplikasi pembuatan robot cerdas adalah kemampuan memperkirakan jarak benda, proses pengenalan objek pada robot sangat diperlukan pada beberapa aplikasi pembuatan robot cerdas. Dalam mendeteksi keberadaan objek di arena, robot perlu memiliki kemampuan untuk memperkirakan jarak benda. Berbagai cara dapat digunakan untuk mengetahui jarak benda, cara yang aktif yaitu dengan mengirimkan sinyal ke objek (sinar laser, sinar radio, ultra sound, dan lain sebagainya) sedangkan cara pasif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan citra stereo atau stereovision pada kamera Sistem yang dirancang menggunakan dua kamera dengan prinsip stereovision. Hasil Pengujian di arena Kontes Robot Pemadam Api Indonesia berhasil dengan cukup baik dengan keberhasilan deteksi objek di seluruh pengujian dan persentase kesalahan pengukuran sebesar 4,77 % dengan kesalahan tertinggi di Ruangan 3 dengan persentase kesalahan sebesar 7,45% dan tingkat kesalahan terendah di ruangan 4 sebesar 0,625%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPramudyo, Anggoro suryoUNSPECIFIED
Thesis advisorFahrizal, RianUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Stereovision, Pengenalan Objek
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jun 2024 10:21
Last Modified: 20 Jun 2024 10:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36446

Actions (login required)

View Item View Item