Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENYEBAB GAGAL BLOWING BOTOL 600 ML PADA MESIN BLOW MOLDING DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM FISHBONE DI PT AQUA GOLDEN MISSISSIPPI MEKARSARI

NurSalam, Syahlan (2023) ANALISIS PENYEBAB GAGAL BLOWING BOTOL 600 ML PADA MESIN BLOW MOLDING DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM FISHBONE DI PT AQUA GOLDEN MISSISSIPPI MEKARSARI. Project Report. Jurusan Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Cilegon.

[img] Text
Laporan Kerja Praktek Syahlan NurSalam_3331200108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Air merupakan senyawa anorganik, bening, tidak berbau, tidak berasa, disusun oleh atom hidrogen dan oksigen dengan rumus molekul H2O. Air yang dianjurkan oleh para ahli untuk diminum manusia adalah air mineral. Air ini dianjurkan karena kandungan mineral yang dimiliki oleh air dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral manusia. Mineral yang terkandung pada air pada umumnya adalah magnesium, kalsium, natrium, dan selenium. Air mineral berbeda dengan air pada umumnya. Air mineral ditemukan di daerah yang kaya akan mineral. Mineral yang terkandung pada air dikenal dengan istilah zat padat. Air yang mengandung mineral mempunyai kriteria yang harus dipenuhi dikenal dengan nama Total Dissolve Solid (TDS). PT. Aqua Golden Mississipi, Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi air mineral dalam kemasan (AMDK) merek Aqua. Definisi air mineral dalam kemasan merek Aqua sendiri adalah “mountain spring water” yaitu air yang berasal dari mata air pegunungan alami yang mengalir sendiri ke permukaan bumi, tidak disedot, tidak dipompa, dan bukan dari anak cabang mata air. Air tersebut mengalir setelah melalui lapisan batuan dan pasir di dalam bumi. Proses ini membuat air tersaring secara alami membawa berbagai mineral seimbang yang diperlukan oleh tubuh (PH7). Air mineral dalam kemasan (AMDK) ini harus menggunakan kemasan dengan kualitas yang baik dan terjaga. Produk Aqua kemasan 600 ml menggunakan material PET dan campuran dari PET dan RPET yang kemudian resin tersebut diolah menjadi preform menggunakan mesin Husky. Preform inilah bahan setengah jadi untuk membuat botol plastik. Pembuatan botol plastik menggunakan teknik stretching blow molding yaitu sebuah proses pembentukan plastik dengan cara direntangkan sampai ukuran yang diingikan dengan memperhatikan ketebalan produk. Dalam proses produksi, agar tercapainya produk dengan standar yang diinginkan maka proses produksi harus memperhatikan parameter-parameter pada mesin. Perbedaan karakteristik dari material preform tentunya akan berpengaruh pada pengaturan parameter, hal ini memerlukan penyesuaian serta pengujian untuk memperolah recipe dalam proses produksi yang sesuai dengan karakteristik dari tiap produk preform.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosyadi, Imron197605504200604041001
Thesis advisorNuryaman, Dedi04392
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Syahlan NurSalam
Date Deposited: 11 Jun 2024 10:24
Last Modified: 11 Jun 2024 10:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36028

Actions (login required)

View Item View Item