Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Kebutuhan Antrean Penumpang dan Vending Machine Commuterline di Stasiun Rangkasbitung Ultimate

Mahmudin, Muhammad Kevin Zhafar (2024) Analisis Kebutuhan Antrean Penumpang dan Vending Machine Commuterline di Stasiun Rangkasbitung Ultimate. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
M. Kevin Zhafar.M_3336180068_Fulltext.pdf

Download (10MB)
[img] Text (Bab 1)
M. Kevin Zhafar.M_3336180068_01.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab 2)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_02.pdf

Download (119kB)
[img] Text (Bab 3)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_03.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Bab 4)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_04.pdf

Download (220kB)
[img] Text (Bab 5)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_05.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 6)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_06.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_Ref.pdf

Download (77kB)
[img] Text (Lampiran)
M.Kevin Zhafar.M_3336180068_Lamp.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi yang cepat, murah, aman, dan nyaman adalah salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu sarana transportasi bagi masyarakat yang diminati oleh banyak penduduk adalah trasnportasi dengan Kereta Rel Listrik (KRL) karena harganya yang murah dan waktu perjalanan yang ditempuh juga singkat. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui waktu pelayanan (service time) dan panjang antrean yang terjadi di loket tiket Commuter Line stasiun Rangkasbitung, kemudian untuk mengetahui jumlah loket tiket Commuter Line yang sebaiknya dimiliki oleh stasiun Rangkasbitung, dan untuk mengetahui sistem antrean yang dibutuhkan pada loket tiket Commuter Line di Stasiun Rangkasbitung Hasil penelitian yang dilakukan di loket Commuter Line Rangkasbitung, maka dapat disimpulkan bahwa dari data hasil survey di lapangan pada loket penumpang diperoleh rata-rata waktu pelayanan 13,87 detik/penumpang dan optimaliasi kondisi waktu pelayanan (WP) dilihat dari tingkat kedatangan pada jam puncak/jumlah loket yang ada, didapat waktu pelayanan 2,81 detik/penumpang. Membandingkan antara waktu ideal pelayanan pada jam puncak 2,81 detik/penumpang dengan hasil survey primer waktu pelayanan 13,87 detik/penumpang, maka loket penumpang Commuter Line Rangkasbitung terjadi antrean penumpang pada jam puncak karena tidak memenuhi indikator kinerja loket penumpang (ρ < 1) . Kata Kunci : Loket Penumpang, Waktu Pelayanan, Sistem Antrean, Commuter Line ABSTRACT Fast, cheap, safe and comfortable transportation is one of the important needs for people in carrying out their daily activities. One means of transportation for the community that is in demand by many residents is transportation by Electric Rail Train (KRL) because the price is cheap and the travel time is also short. The research objectives of this final assignment are as follows: To find out the service time and queue length at the Commuter Line ticket counter at Rangkasbitung station, then to find out the number of Commuter Line ticket counters that Rangkasbitung station should have, and to find out the queuing system required at the Commuter Line ticket counter at the station Rangkasbitung The results of research conducted at the Rangkasbitung Commuter Line counter, it can be concluded that from the survey data in the field at the passenger counter, an average service time of 13.87 seconds/passenger was obtained and optimization of service time (WP) conditions was seen from the arrival rate at peak hours /number of counters available, service time is 2.81 seconds/passenger. Comparing the ideal service time at peak hours of 2.81 seconds/passenger with the primary survey results of service time of 13.87 seconds/passenger, the Rangkasbitung Commuter Line passenger counter experiences queues of passengers at peak hours because it does not meet the passenger counter performance indicators (ρ < 1 ) . Keywords: Passenger Counter, Service Time, Queue System, Commuter Line

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBethary, Rindu TwidiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Apr 2024 15:14
Last Modified: 26 Apr 2024 15:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item