HARTATI, TUNI (2024) PROFIL PSIKOMOTORIK SISWA MELALUI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA AL-KHAIRIYAH 4 CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Tuni Hartati_2224180005_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_02.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_03.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_04.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_05.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text
Tuni Hartati_2224180005_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
Tuni Hartati_222418005_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil psikomotorik siswa kelas X SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem. Keterampilan psikomotorik yang digunakan meliputi 4 aspek diantaranya; moving (bergerak), manipulating (manipulasi), communicating (berkomunikasi), dan creating (menciptakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan case study dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon, sedangkan objek yang akan diteliti yaitu keterampilan psikomotorik siswa yang dikembangkan melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem kelas X. Teknik pengumpulan data diperoleh dari laporan pengamatan lingkungan, penilaian produk dan presentasi produk. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan psikomotorik siswa pada setiap pembelajaran melalui penilaian autentik berbasis proyek meliputi; penilaian laporan pengamatan pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Penilaian poster digital pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Sedangkan penilaian video presentasi poster pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria rendah, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria sedang. Kata kunci: Ekosistem, Penilaian Autentik, Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil psikomotorik siswa kelas X SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem. Keterampilan psikomotorik yang digunakan meliputi 4 aspek diantaranya; moving (bergerak), manipulating (manipulasi), communicating (berkomunikasi), dan creating (menciptakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan case study dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon, sedangkan objek yang akan diteliti yaitu keterampilan psikomotorik siswa yang dikembangkan melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem kelas X. Teknik pengumpulan data diperoleh dari laporan pengamatan lingkungan, penilaian produk dan presentasi produk. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan psikomotorik siswa pada setiap pembelajaran melalui penilaian autentik berbasis proyek meliputi; penilaian laporan pengamatan pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Penilaian poster digital pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Sedangkan penilaian video presentasi poster pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria rendah, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria sedang. Kata kunci: Ekosistem, Penilaian Autentik, Project Based Learning. | |||||||||
Subjects: | F History United States, Canada, Latin America > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Tuni Hartati | |||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 10:31 | |||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2024 10:31 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34552 |
Actions (login required)
View Item |