Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL PSIKOMOTORIK SISWA MELALUI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA AL-KHAIRIYAH 4 CILEGON

HARTATI, TUNI (2024) PROFIL PSIKOMOTORIK SISWA MELALUI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA AL-KHAIRIYAH 4 CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
Tuni Hartati_2224180005_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Tuni Hartati_222418005_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil psikomotorik siswa kelas X SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem. Keterampilan psikomotorik yang digunakan meliputi 4 aspek diantaranya; moving (bergerak), manipulating (manipulasi), communicating (berkomunikasi), dan creating (menciptakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan case study dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon, sedangkan objek yang akan diteliti yaitu keterampilan psikomotorik siswa yang dikembangkan melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem kelas X. Teknik pengumpulan data diperoleh dari laporan pengamatan lingkungan, penilaian produk dan presentasi produk. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan psikomotorik siswa pada setiap pembelajaran melalui penilaian autentik berbasis proyek meliputi; penilaian laporan pengamatan pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Penilaian poster digital pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Sedangkan penilaian video presentasi poster pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria rendah, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria sedang. Kata kunci: Ekosistem, Penilaian Autentik, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorERMILA HENDRIYANI, MILA197509192003122002
Thesis advisorRATNASARI, DWI0006088803
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil psikomotorik siswa kelas X SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem. Keterampilan psikomotorik yang digunakan meliputi 4 aspek diantaranya; moving (bergerak), manipulating (manipulasi), communicating (berkomunikasi), dan creating (menciptakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan case study dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon, sedangkan objek yang akan diteliti yaitu keterampilan psikomotorik siswa yang dikembangkan melalui penilaian autentik berbasis proyek pada konsep ekosistem kelas X. Teknik pengumpulan data diperoleh dari laporan pengamatan lingkungan, penilaian produk dan presentasi produk. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan psikomotorik siswa pada setiap pembelajaran melalui penilaian autentik berbasis proyek meliputi; penilaian laporan pengamatan pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Penilaian poster digital pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek manipulating termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria tinggi, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria tinggi. Sedangkan penilaian video presentasi poster pada aspek moving termasuk ke dalam kriteria sangat tinggi, aspek communicating termasuk ke dalam kriteria rendah, dan pada aspek creating termasuk ke dalam kriteria sedang. Kata kunci: Ekosistem, Penilaian Autentik, Project Based Learning.
Subjects: F History United States, Canada, Latin America > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Tuni Hartati
Date Deposited: 27 Mar 2024 10:31
Last Modified: 27 Mar 2024 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34552

Actions (login required)

View Item View Item