Taufiq Hidayattullah, Mochammad (2024) ANALISA PENGUJIAN PERFORMA KAMPAS REM VARIASI KOMPOSISI CAMPURAN CANGKANG TELUR, ALUMINA, LOGAM SENG, STEEL FIBER , DAN GRAFIT DENGAN PEREKAT RESIN EPOXY. S1 thesis, Fakultas Taknik UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_Fulltext.pdf Download (1MB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_01.pdf Download (762kB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_02.pdf Download (853kB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_03.pdf Download (1MB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_04.pdf Download (418kB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_05.pdf Download (349kB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_Lamp.pdf Download (952kB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_CP.pdf Download (12MB) |
|
Text
Mochammad Taufiq Hidayattullah_3331170075_REF.pdf Download (122kB) |
Abstract
Sistem pengereman merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan jaminan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sistem pengereman adalah penelitian dan pengembangan di bagian kampas rem. Komponen kampas rem sendiri memiliki peran penting dalam sistem pengereman dimana komponen tersebut bersentuhan langsung dengan bagian roda yang berputar. Oleh karena itu, material yang digunakan di dalam kampas rem sangatlah penting dalam proses pengereman. Dalam hal ini, material yang dijadikan bahan utama komponen kampas rem antara lain: cangkang telur, alumina, graphite, zinc, steel fibre dan resin. metode yang digunakan dalam pembuatan kampas rem ini adalah dengan metode cold press yang dilanjut dengan sintering untuk meminimalisir porositas di dalam material. Untuk penelitian ini dilakukan variasi cangkang telur dan resin dengan 3 variabel komposisi, dengan variasi 1 menggunakan 10% cangkang telur dan 60% resin, variabel 2 menggunakan 20% cangkang telur dan 50% resin dan variabel 3 menggunakan 30% cangkang telur dan 40% resin. dimana dalam pengujian keausan menghasilkan nilai paling rendah di variabel 1 dengan nilai, untuk daya serap air paling rendah terdapat pada variabel 3 dengan nilai 0.405%, dan untuk nilai koefisien gesek diperoleh nilai paling optimal di variabel 3 dengan nilai 0.53
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin |
|||||||||
Depositing User: | Mr farhan pratama | |||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2024 16:22 | |||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2024 13:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34339 |
Actions (login required)
View Item |