Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK

Fianingrum, Fitri (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
02. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
04. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
03. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
05. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
06. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
07. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
08. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
09. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
01. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektivitas model pembelajaran flipped classroom diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi ditinjau dari disposisi berpikir kritis matematis. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) yang dilakukan terhadap kelompok-kelompok yang heterogen, dengan membagi kelompok yang diteliti menjadi 2 kelompok pengamatan. Desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group DesignSecara umum hasil penelitian ini menyimpulkan penggunaan model pembelajaran flipped classroom yang diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif lebih efektif meningkatkan kemampuan literasi numerasi dibandingkan menggunakan model pembelajaran saintifik. Secara rinci hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif lebih baik dibandingkan dengan kemampuan literasi numerasi siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik pada siswa SMK 2) Kemampuan literasi numerasi pada level disposisi berpikir kritis matematis tinggi lebih baik dari level disposisi berpikir kritis matematis sedang dan rendah pada siswa SMK 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (flipped classroom diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif dan saintifik) dan disposisi berpikir kritis matematis terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, Hepsi197803212005012002
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Fianingrum
Date Deposited: 14 Nov 2023 09:53
Last Modified: 14 Nov 2023 09:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30887

Actions (login required)

View Item View Item