Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MAJALAH MATHGAZINE SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF SISWA PADA KONSEP BANGUN DATAR DAN RUANG YANG MEMUAT SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS V SD

Indrawati, Novitasari (2017) PENGEMBANGAN MAJALAH MATHGAZINE SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF SISWA PADA KONSEP BANGUN DATAR DAN RUANG YANG MEMUAT SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MAJALAH MATHGAZINE SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF SISWA PADA KONS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media development can be used as a source of alternative learning for students to support learning and motivation in learning. This research aims to develop learning media in the form of mathgazine magazine as a source of learning and know the level of validity and student responses to mathgazine magazines. The research was conducted at SD Negeri Cilegon 4 with the subject of research of V grade students of 30 students. The research method used is research development (R & D). Research stage which is done (1) doing observation (2) planning of prototype making media; (3) validation by expert lecturers and implementation test to students. Instrument used in the form of questionnaire sheet for media validation by expert lecturer and questionnaire for student response. Steps taken in this media pembangan only up to the stage of media development with validation test and student response. Based on the results of mathgazine magazine quality calculations developed included in very good category with an average of 4.46 from material experts, an average of 3.96 from linguists, and an average of 3.96 from media experts. Student's response to mathgazine magazine on field test is 4.29 in excellent category (SB). Based on the results of the study can be concluded that mathgazine magazine can be used as alternative learning source with the acquisition of the overall percentage of 87.3% with very decent category because it has achieved success indicator.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih, IndhiraUNSPECIFIED
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Additional Information: Pengembangan media dapat digunakan sebagai sumber belajar alternative siswa untuk penunjang belajar dan motivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa majalah mathgazine sebagai sumber belajar dan mengetahui tingkat validitas dan respon siswa terhadap majalah mathgazine. Penelitian dilakukan di SD Negeri Cilegon 4 dengan subjek penelitian siswa kelas V sejumlah 30 siswa. Metode peneltian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Tahap penelitiian yang dilakukan yakni (1) melakukan observasi (2) perencanaan media pembuatan prototype; (3) validasi oleh dosen ahli dan uji pelaksanaan kepada siswa. Instrument yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli dan lembar angket untuk respon siswa. Langkah yang dilakukan dalam pembangan media ini hanya sampai pada tahap pengembangan media dengan uji validasi dan respon siswa. Berdasarkan hasil perhitungan kualitas majalah mathgazine yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,46 dari ahli materi, rata-rata 3,96 dari ahli bahasa, dan rata-rata 3,96 dari ahli media. Respon siswa terhadap majalah mathgazine pada uji pelaksanaan lapangan rata-rata 4,29 dengan kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa majalah mathgazine dapat digunakan sebagai sumber belajar alternative dengan perolehan persentase keseluruhan 87,3% dengan kategori sangat layak karena telah mencapai indicator keberhasilan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:40
Last Modified: 13 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item