Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Assembly Sistem Kontrol Temperatur Air Laut Untuk Budidaya Ikan Kerapu Menggunakan Sensor LM 35 Berbasis Microcontroller ATmega 8535

Indriani, Anizar and Hendra, Hendra and Witanto, Yovan and Johan, Johan and Siagian, Indra (2014) Assembly Sistem Kontrol Temperatur Air Laut Untuk Budidaya Ikan Kerapu Menggunakan Sensor LM 35 Berbasis Microcontroller ATmega 8535. In: Seminar Nasional SNETE, 19 Agustus 2014, Unsyiah Aceh-Medan.

[img] Text
B38 paper.pdf

Download (412kB)

Abstract

Sistem pemanas dan pendingin dalam suatu mekanisme pengaturan temperatur suatu tempat atau ruangan sangat banyak digunakan pada Negara yang memiliki 4 musim seperti Eropa, Amerika, Jepang, Korea dan lainnya. Sistem pemanas dan pendingin ini dapat dilihat pada sistem pendingin ruangan (AC) yang berfungsi untuk menurunkan temperatur ruangan pada saat musim panas dan meningkatkan temperatur pada musim dingin sehingga ruangan tetap nyaman bagi penghuninya. Selain untuk ruangan, sistem ini juga dapat dilihat pada sistem pemanas air (dispenser) dimana pada mesin ini terdapat beberapa pilihan temperatur air yang diinginkan seperti air panas, dingin dan normal. Sistem pemanas dan pendingin ini memerlukan sistem kontrol untuk sistem pengaturan temperaturnya. Sistem kontrol temperatur ini diperoleh dengan menggunakan beberapa sistem seperti pemanfaatan peltier, sistem microcontroller ATmega 8535 dan sistem lainnya. Mekanisme sistem pemanas dan pendingin ini mungkin dapat juga diterapkan untuk pengaturan temperatur air laut pada budidaya ikan seperti ikan kerapu tikus dan ikan kerapu karang. Yang mana lingkungan hidup ikan kerapu ini sangat cocok dikembangbiakan pada temperatur air yang berkisar antara 270-290C. Untuk mengetahui kinerja sistem pendingin dan pemanas ini pada sistem pengaturan temperatur air laut maka dibuat dan dilakukan assembly sistem pendingin menggunakan peltier dan sensor LM 35 berbasis microcontroller Atmega 8535.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
03-Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Eng. Hendra =
Date Deposited: 29 May 2023 11:27
Last Modified: 29 May 2023 11:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24691

Actions (login required)

View Item View Item