Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment: Development and Understanding for Mathematics Teachers

Nindiasari, Hepsi and Fatah, Abdul and MAdadina, MAdadina (2022) E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment: Development and Understanding for Mathematics Teachers. E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment: Development and Understanding for Mathematics Teachers, 13 (2). pp. 339-352. ISSN 2442-4218

[img] Text
Artikel Hepsi di kreano.pdf

Download (606kB)
[img] Text
E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment_ Development and Understanding for Mathematics Teachers.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Assesment Kompetemsi Minimum (AKM) bidang nu-merasi sebagai pengganti ujian nasional , serta kurangnya media interaktif berupa elektronik modul yang menekenkan kepada pemahaman guru matematika tentang AKM Numerasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan dan menguji kelayakan E-Modul Interaktif un-tuk pemahaman AKM Numerasi guru matematika, (2) Mengetahui pengaruh pemberian E-modul Interaktif terhadap pemahaman AKM Numerasi guru matematika. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D yang diadopsi dari Thagarajan, yaitu terdiri atas 4 tahap utama yaitu: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subyek penelitian adalah para ahli dalam bidang pendidikan, materi, dan media yang bertujuan untuk mendapatkan validasi kelayakan dan kemenarikan dari produk yang dikembangkan, serta subyek lainnya adalah guru-guru matematika. Kegiatan penilaian validasi serta uji coba kepada guru matematika dilakukan pada tahap de-velop. Instrumen yang digunakan menggunakan angket penilaian serta tes kemampuan pem-ahaman AKM numerasi. Hasil dari penilaian validasi ahli materi menunjukkan sangat layak dan sangat menarik (95.31%), Penilaian validasi ahli pendidikan layak dan menarik (79.17%), penilaian ahli media sangat layak dan sangat menarik (86.67%). uji efektifitas E-modul menunjukkan terdapat pengaruh positif E-modul interaktif terhadap pemahaman AKM nu-merasi guru-guru matematika. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa E-modul interaktif baik digunakan untuk pemahaman guru – guru matematika tentang AKM numerasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Hepsi Nindiasari
Date Deposited: 31 May 2023 15:44
Last Modified: 31 May 2023 15:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23833

Actions (login required)

View Item View Item