Nindiasari, Hepsi and Fatah, Abdul and MAdadina, MAdadina (2022) E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment: Development and Understanding for Mathematics Teachers. E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment: Development and Understanding for Mathematics Teachers, 13 (2). pp. 339-352. ISSN 2442-4218
Text
Artikel Hepsi di kreano.pdf Download (606kB) |
|
Text
E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment_ Development and Understanding for Mathematics Teachers.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Assesment Kompetemsi Minimum (AKM) bidang nu-merasi sebagai pengganti ujian nasional , serta kurangnya media interaktif berupa elektronik modul yang menekenkan kepada pemahaman guru matematika tentang AKM Numerasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan dan menguji kelayakan E-Modul Interaktif un-tuk pemahaman AKM Numerasi guru matematika, (2) Mengetahui pengaruh pemberian E-modul Interaktif terhadap pemahaman AKM Numerasi guru matematika. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D yang diadopsi dari Thagarajan, yaitu terdiri atas 4 tahap utama yaitu: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subyek penelitian adalah para ahli dalam bidang pendidikan, materi, dan media yang bertujuan untuk mendapatkan validasi kelayakan dan kemenarikan dari produk yang dikembangkan, serta subyek lainnya adalah guru-guru matematika. Kegiatan penilaian validasi serta uji coba kepada guru matematika dilakukan pada tahap de-velop. Instrumen yang digunakan menggunakan angket penilaian serta tes kemampuan pem-ahaman AKM numerasi. Hasil dari penilaian validasi ahli materi menunjukkan sangat layak dan sangat menarik (95.31%), Penilaian validasi ahli pendidikan layak dan menarik (79.17%), penilaian ahli media sangat layak dan sangat menarik (86.67%). uji efektifitas E-modul menunjukkan terdapat pengaruh positif E-modul interaktif terhadap pemahaman AKM nu-merasi guru-guru matematika. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa E-modul interaktif baik digunakan untuk pemahaman guru – guru matematika tentang AKM numerasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. Hepsi Nindiasari |
Date Deposited: | 31 May 2023 15:44 |
Last Modified: | 31 May 2023 15:44 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23833 |
Actions (login required)
View Item |