Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN DIIRINGI MUSIK LOFI TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR

LAKSANA, TEJA (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN DIIRINGI MUSIK LOFI TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Teja Laksana_2285180001_fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Teja Laksana_2285180001_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Teja Laksana. 2023. Pengaruh Bimbingan Kelompok Menggunakan Music Lofi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar (Penelitian Quasi-Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas XI SMKN 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, dan mendapatkan 20 siswa yang memilki konsentrasi belajar rendah. Hasil pre-test kelompok eksperimen rata-rata berada pada nilai 51, yaitu berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan bimbingan kelompokdengan musik lo-fi nilai rata-ratanya adalah 78 yaitu berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol hasil dari nilai pre-test dan post-testnya tidak terlalu mengalami perubahan yang tinggi yaitu pada angka 51 dan 52. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney , terdapat perbedaan konsentrasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi. Dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih rendah dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : konsentrasi belajar, bimbingan kelompok, Teknik diskusi TPS, music lofi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWIBOWO, BANGUN YOGA0007028804
Thesis advisorPRABOWO, ARGA SATRIO199110072019031009
Additional Information: ABSTRAK Teja Laksana. 2023. Pengaruh Bimbingan Kelompok Menggunakan Music Lofi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar (Penelitian Quasi-Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas XI SMKN 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, dan mendapatkan 20 siswa yang memilki konsentrasi belajar rendah. Hasil pre-test kelompok eksperimen rata-rata berada pada nilai 51, yaitu berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan bimbingan kelompokdengan musik lo-fi nilai rata-ratanya adalah 78 yaitu berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol hasil dari nilai pre-test dan post-testnya tidak terlalu mengalami perubahan yang tinggi yaitu pada angka 51 dan 52. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney , terdapat perbedaan konsentrasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi. Dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih rendah dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : konsentrasi belajar, bimbingan kelompok, Teknik diskusi TPS, music lofi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr Teja Laksana
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:50
Last Modified: 31 Jan 2023 09:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item