Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Mastur, Mastur and Fathurrohman, Maman and Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3 (3). pp. 182-187. ISSN 2774-9304

[img] Text (Artikel)
Des_GBMF_Wilangan.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Peer Review)
Des_GBMF_Wilangan-rev.pdf

Download (989kB)
[img] Text (Cek Plagirarism)
Des_GBMF_Wilangan-cek-plag.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan matematis dikarenakan siswa cenderung pasif dan kurang mengeksplorasi selama proses pembelajaran, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal. Maka dari itu perlu adanya inovasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 4 Kota Serang kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 9 kelas. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak dua kelas secara acak. Didapatkan kelas ekperimen yaitu kelas VIIIC dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas kontrol yaitu kelas VIIID dengan jumlah siswa 35 orang. Teknik pengambilan data menggunakan Soal uraian. Hasil penelitian memberi kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Maman Fathurrohman
Date Deposited: 21 Dec 2022 19:21
Last Modified: 21 Dec 2022 19:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item