Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Studi Pendahuluan Rapid Thermal Annealing Berbasis Material Komposit Untuk Aplikasi Case Ponsel Antiradiasi Melalui Teknik Accumulative Roll Bonding (ARB)

Alim, Moebi Syahirul (2022) Studi Pendahuluan Rapid Thermal Annealing Berbasis Material Komposit Untuk Aplikasi Case Ponsel Antiradiasi Melalui Teknik Accumulative Roll Bonding (ARB). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Draft Skripsi_Moebi Syahirul Alim_3334180008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Paduan aluminium banyak digunakan pada pembuatan komposit matriks logam karena memiliki densitas rendah, ketahanan korosi yang baik, serta memungkinkan banyaknya variasi penguat yang dapat digunakan pada komposit matriks aluminium. Alumunium sebagai logam ringan juga mempunyai sifat yang baik untuk menahan radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini banyak muncul saat penggunaan ponsel meningkat. Oleh karena itu perlu dieksplorasi bagaimana paduan alumunium dapat dimanfaatkan sebagai material yang dapat menahan radiasi gelombang elektromagnetik. Pada penelitian ini plat alumunium seri AA1070 digunakan sebagai base metal yang akan dipadukan dengan rainforced berupa alumina dalam bentuk nanofiber dan serbuk. Gabungan kedua material ini diharapkan menjadi komposit yang dapat diaplikasikan sebagai cassing ponsel, yang mempunyai kemampuan untuk menahan radiasi dan juga mempunyai sifat mekanik yang baik untuk memberikan proteksi lebih kepada ponsel. Gabungan plat Al dan rainforced tersebut akan dilakukan proses penggabungan menggunakan metode Accumulative Roll Bonding (ARB). ARB merupakan metode umum yang digunakan untuk meninggkatkan sifat mekanik logam tanpa melibatkan proses pemanasan. Sebelum dilakukan rolling, plat Alumunium dan rainforced dilakukan preheating pada temperature 350 oC selama 60 menit. Saat proses rolling dengan 2 siklus, terjadi deformasi yang cukup besar pada material, sehingga untuk mengembalikan kekuatan material dilakukan annealing pada temperatur 350 oC selama 120 menit. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengamati beberapa sifat mekanik seperti kekerasan dan kekuatan komposit yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan nilai densitas tertinggi pada sampel Al no Reinforced yaitu sebesar 2,78, nilai Ultimate Tensile Strenght tertinggi pada sampel Al+ANF yaitu sebesar 77 Mpa, nilai kekerasan tertingi pada sempel Al+ANF yaitu sebesar 25,38, sampel komposit aluminium paduan Al+ANF dengan perlakuan panas paling efektif meredam radiasi dari 58,20 µT hingga turun menjadi 0,22 µT .

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorAlim, Moebi Syahirul3334180008
Thesis advisorPramono, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggono, AdhityaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Moebi Syahirul Alim
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:08
Last Modified: 22 Sep 2022 14:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item