Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengolahan Limbah Tulang Sapi Dan Kaleng Minuman Menggunakan Self Propagating High Temperature Synthesis (SHS) Sebagai Aplikasi Komposit Material

EC00202145304 (2021) Pengolahan Limbah Tulang Sapi Dan Kaleng Minuman Menggunakan Self Propagating High Temperature Synthesis (SHS) Sebagai Aplikasi Komposit Material. 000276469.

[img] Text (Fulltext)
HAKI Compressed 2021-09-27 at 22.56.14-digabungkan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SURAT PENCATATAN CIPTAAN)
HAKI Compressed 2021-09-27 at 22.56.14-digabungkan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengolahan bahan limbah tulang hewan ternak memiliki nilai ekonomi rendah. Pada dasarnya tulang manusia dengan tulang hewan ternak jenis sapi memiliki kesamaan, yaitu dalam senyawa pembentuknya. Sekitar 65% fraksi mineral di dalam tulang adalah hidroksiapatit (HAp). Limbah kaleng merupakan salah satu limbah logam yang mengandung alumunium sekitar ±96% dan berpotensi untuk didaur ulang. Lebih dari 75% kaleng diproduksi menggunakan bahan dasar logam aluminium. Limbah kaleng alumunium berpotensi untuk dipadukan dengan bahan HAp. Unsur- unsur yang kompatibel untuk dijadikan bahan paduan bersama aluminium (Al) dan HAp adalah: titanium (Ti), magnesium (Mg) dan tembaga (Cu), menggunakan metode terbaru yaitu teknologi self-propagating high-temperature synthesis (SHS). Proses SHS didasarkan pada sistem yang melibatkan pembakaran eksotermik. Pada reaksi pemanasan eksotermis dengan variabel ideal maka akan didapatkan fase metastabil serta kandungan kemurnian unsur yang tinggi. Mengacu pada kebaruan metode SHS yang disempurnakan dengan penambahan variabel penekanan maka penyempurnaan metode dari aspek reaksi eksotermis dan aspek penambahan tekanan pada proses SHS akan mampu menghasilkan produk komposit biomaterial, yang terdiri dari beberapa gabungan bahan matriks seperti aluminium dari bahan limbah kaleng, HAp dari bahan tulang sapi dan berpenguat: silikon karbida (SiC)/alumina (Al2O3), serta menggunakan double coupling agent sebagai pembasah yang memiliki peran sebagai katalis untuk membentuk ikatan antara matriks dengan penguat. Produk yang dihasilkan akan mampu diaplikasikan pada beberapa komponen biomaterial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: menghasilkan material komposit biomaterial yang berasal dari limbah tulang sapi dan kaleng bekas minuman yang memenuhi standar ASTM F138 sehingga akan menghasilkan properties komponen biomaterial berkekuatan tinggi dengan berat jenis yang rendah. Pembuatan hybrid komposit biomaterial menggunakan bahan HAp dari tulang sapi. Beberapa karakterisasi dilakukan adalah sifat mekanik dan fisik..

Item Type: Patent
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Mr Agus Pramono
Date Deposited: 01 Aug 2022 12:36
Last Modified: 27 Sep 2022 14:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14674

Actions (login required)

View Item View Item