Rianti, Lina (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS A QUESTION PADA TEMA AIR, BUMI, DAN MATAHARI SUBTEMA ALA M SEKITAR Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SDN Tanjung Sekong Kota Cilegon. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS A.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Learning Statrs With A Question pada pembelajaran tema air bumi matahari dengan subtema alam sekitar dikelas II SDN Tanjung Sekong. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian. Setiap siklusnya terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, observasi, refleksi. Sedangkan data yang digunakan menggunakan tes, wawancara, observasi. Jumlah siswa dikelas II berjumlah 27 terdiri dari 9 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil penelitian menunjukan dengan diterapkannya: (1) Model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan prsensentasi rata-rata aktivitas siswa siklus I 72,82% dan siklus II meningkat menjadi 92,59%, (2) penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question terdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai siswa siklus I adalah 65,23% dan siklus II meningkat menjadi 77,71%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema di Sekolah Dasar Kelas II
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this research is to improve the learning activities and learning outcomes of students by implementing a learning model type Cooperative Learning Statrs With A Question on learning the theme of water the earth around the sun with natural subtema class II SDN Tanjung Sekong. Research methodology used is a Class Action Research in this research is done with two stages of the research cycle. Each cycle consists of: Planning, Implementation, observation, reflection. While the data used to use tests, interviews, observation. The number of students in class II amounted to 27 consisted of 9 men and 18 women. The results showed with the application: (1) the type of cooperative learning model Learning Statrs With A Question to improve student learning outcomes. This is evidenced by the average prsensentasi student activity cycle I cycle II 72.82% and increased to 92.59%, (2) the implementation of cooperative learning model type Learning With A Question Statrs are improving student learning outcomes. It this is shown by the average student scores first cycle was 65.23% and the second cycle increased to 77.71%. The conclusions that can be drawn from this study is that the application of learning models of type Learning Cooperative learning model Statrs With A Question can increase the activity and student learning outcomes in learning themes Elementary School Class II SDN Tanjung Sekong. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kooperatif tipe Learning Statrs With A Question. Hasil belajar siswa, pembelajaran tema air bumi matahari subtema alam sekitar | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:23 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2022 10:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |