Nur Indah Sari, Vini (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH UANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA KELAS III SDN ANYAR I. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
The purpose of classroom action research (PTK) is to increase student activity and learning results in social studies about the history of money on third grade at SDN Anyar I. To achieve those purposes, the researcher is using active learning methods with index card match type. This research is using classroom action research methods with two cycles, they are first cycle and second cycle, each cycle consisting each of two learning meetings. During the study has conducted 4 learning meetings. The results showed that the data on the first cycle of learning action activities students got 67,85% and the second cycle got 89,28%. Furthermore, completeness related student learning results in the first cycle who scored ≥ 63 (KKM) of 69,44% (has not reached indicators of success). The results showed that the acquisition of the second cycle students who scored ≥ 63 (KKM) of 91,42% (has achieved the success indicators). So, active learning methods with index card match type in social studies about the history of money on third grade SDN Anyar I have shown activity and learning results that have been expected. This can be seen from the percentage progress and learning result activities are increasing. The conclusions of the research that using active learning index card match type can increase the activity and results of the third grade students of SDN Anyar I.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang sejarah uang pada kelas III SDN Anyar I. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Dengan demikian selama penelitian telah melaksanakan 4 kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh data tentang tindakan pembelajaran siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh presentase sebesar 67,85% dan pada siklus II memperoleh presentase sebesar 89,28%. Selanjutnya terkait ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yang mendapatkan nilai ≥ 63 (KKM) sebanyak 69,44% (belum mencapai indikator keberhasilan). Adapun hasil perolehan siklus II menunjukan bahwa siswa yang mendapatkan nilai ≥ 63 (KKM) sebanyak 91,42% (telah mencapai indikator keberhasilan). Dengan demikian, metode pembelajaran aktif tipe index card match pada mata pelajaran IPS tentang sejarah uang pada kelas III SDN Anyar I telah menunjukan aktivitas dan hasil belajar yang telah diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase kemajuan aktivitas dan hasil belajar yang semakin meningkat. Simpulan penelitian bahwa dengan menggunakan pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Anyar I. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Results Learning, Learning Social Sciences, Active Learning Method Match index cards type.Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran aktif tipe Index card Match | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 22:25 | |||||||||
Last Modified: | 22 Apr 2022 22:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13626 |
Actions (login required)
View Item |