Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) PT CILEGON FABRICATORS (Studi Evaluasi Kerja Program Corporate Social Responsibility PT Cilegon Fabricators Pada Kegiatan Khitanan Masal Masyarakat Kecamatan Pulo Ampel Tahun 2007, Serang Banten)

Irmawati, Dwi and Afrilla, Naniek and Restu.H,, Uliviana (2010) STRATEGI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) PT CILEGON FABRICATORS (Studi Evaluasi Kerja Program Corporate Social Responsibility PT Cilegon Fabricators Pada Kegiatan Khitanan Masal Masyarakat Kecamatan Pulo Ampel Tahun 2007, Serang Banten). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi KOM B)
SKRIPSI Dwi Irmawati.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) suatu bentuk tanggung jawab yang dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada komunitas dan juga lingkungan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini bertujuan membangun kebersamaan, mengharmoniskan hubungan antara dunia industri dan masyarakat sekitar serta membangun lingkungan dengan meningkatkan program kesehatan. Untuk itu PT Cilegon Fabricators melaksanakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan yaitu kegiatan khitanan masal tahun 2007 pada tiga desa sekitar perusahaan yaitu Desa Argawana, Desa Margasari, dan Desa Bayuwangi, Pulo Ampel - Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap dampak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi langsung serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak sebelas orang dengan sampel purposife. Teori yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan model PII Cutlip, Center and Broom. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kegiatan khitanan masal tahun 2007, pada tahap evaluasi persiapan yang dilakukan pengajuan proposal ke pihak management sebagai bentuk kepedulian sekaligus perayaan hari ulang tahun PT Cilegon Fabricators yang melibatkan tiga desa dengan kouta sebanyak 73 peserta. Evaluasi tahap implementasi menunjukan bahwa penggunaan media lisan dan media tertulis dalam penyebaran pesan tercapai dengan antusias warga yang datang dan dengan adanya penggolongan khalayak efektif dan khalayak potensial yang hadir dalak kegiatan. Evaluasi pada tahap dampak adalah masyarakat senang dan anak-anak mereka tumbuh menjadi baik dan sehat serta menginginkan kembali kegiatan khitan tahun berikutnya. Adapun saran yang dapat peneliti berikan adalah dipertahankan dan ditingkatkan kegiatan khitanan masal selanjutnya karena bermanfaat dan membantu warga sekitar, ditingkatkan kembali koordinasi yang dapat membantu jalanya program dan kegiatan Corporate Social Responsibility berikutnya, HRD PT Cilegon Fabricators dalam merencanakan program dan kegiatan berikutnya harus disesuaikan dengan kebutuhan warga sekitar, mendorong dan memberikan acuan pada perusahaan lain untuk melakukan evaluasi terhadap program dan kegiatan apapun.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT Corporate Social Responsibility (CSR) Of PT Cilegon Fabricators Strategy Program Dwi Irmawati 061617 xii Preliminary page + 111 content pages (chapter I-V) ; 7 Tables ; 3 Pictures ; 17 Enclosures ; 22 List of References (2002-2009) Corporate Social Responsibility program which is done by a Company is a. Respresentation of social awareness for community and environment. The aim of Corporate Social Responsibility are to build togetherness, compatible between industrial world and community and then to build good environment with health program. Therefore, PT Cilegon Fabricators carries on mass circumcision activity to society of three surrounding villages which are Argawana Village, Margasari Village, and Bayuwangi Village at Pulo Ampel-Serang. This research purpose is to evaluate activity of preparation, implementation, and impact step. The method which is used in this researchis evaluative, qualitative approach but techicque of data collecting are using interviews, direct observation and documentations. The interview done by eleven informants. In this research use theory of PII Cutlip, Center and Broom model. The result of this research, show that evaluation of mass circumcision activity on 2007, evaluation of preparation step proposal submission as form careness altogether with anniversary of PT Cilegon Fabricators that involve three villages around the company with seventy three participants. Evaluation implementation step showed that using of oral and letter media in message or information spreading with enthusiasm of society to come on this activity with group of effective audience and potencial audience whichis present. Evaluation impact step to compatibility between activity and CSR program of PT Cilegon Fabricators so that society feel happy and their child grow up well and healthy and want do this activity again. As the suggestio of researcher is to increase and to keep mass circumsicion next time because useful and to help society arround, increase the coordination to help Corporate Social Responsibility program anad activity next time, in the next program and activity planning Human Resourches Development as PR of PT Cilegon Fabricators has to compatible with society need, to push and reference to other company for evaluation with any kind program and activity.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 01 Feb 2013 07:23
Last Modified: 15 May 2013 03:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item