FITRIANI, DESSY (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mekar Baru Kabupaten Tangerang.Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran quantum.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran quantum terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mekar Baru.Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel diambil dua kelas dari 3 kelas yang ada, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas 7.3 dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas 7.2 kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran quantum dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ekspositori). Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan nontes (skala kemandirian belajar) pada materi segi empat yang berbentuk soal uraian sebanyak 5 soal yang diberikan pada saat pretes dan postes, kemudian skala kemandirian terdiri dari 20 pernyataan, masing-masing 10 pernyataan positif dan 10 pernyataan negatif.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran quantum lebih baik dari siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran quantum, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok tinggi yang menggunakan strategi pembelajaran quantum lebih baik dari siswa kelompok tinggi yang tidak menggunakan strategi pembelajaran quantum, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok sedang yang menggunakan strategi pembelajaran quantum lebih baik dari siswa kelompok sedang yang tidak menggunakan strategi pembelajaran quantum, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok rendah yang menggunakan strategi pembelajaran quantum lebih baik dari siswa kelompok rendah yang tidak menggunakan strategi pembelajaran quantum dan peningkatan skala kemandirian belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran quantum lebih baik dari siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran quantum.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Quantum, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 15:16 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 15:16 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12570 |
Actions (login required)
View Item |