Number of items: 1.
Pratiwi, Asry
(2018)
Konsentrasi yaitu perhatiannya harus dipusatkan kepada satu objek dan pikirannya harus
memikirkan pelajaran yang dipelajari, mengarahkan pikiran seorang anak terhadap suatu mata
pelajaran dan tidak boleh memikirkan hal-hal lainnya yang tidak ada hubungan dengan pelajaran
itu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui proses pelaksanaan metode
bercerita dengan berbagai media dalam meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD
BHAKTI IBU Anyar Serang-Banten. 2
)Untuk meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di
PAUD Bhakti Ibu Anyar Serang-Banten dapat di tingkatkan melalui metode bercerita dengan
berbagai media. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dalam penelitian
ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten dengan jumlah 15
orang anak. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Teggart
yang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil
penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan konsentrasi anak 27%, 2) setelah anak
diberikan tindakan pada siklus I, konsentrasi anak meningkat menjadi 50%, 3) pada siklus II
diperoleh hasil 84%. Dengan demikian, konsentrasi anak sudah meningkat dan berada pada taraf
berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan berbagai
media dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, SerangBanten.
S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
This list was generated on Fri May 3 23:15:35 2024 UTC.