Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Konsentrasi yaitu perhatiannya harus dipusatkan kepada satu objek dan pikirannya harus memikirkan pelajaran yang dipelajari, mengarahkan pikiran seorang anak terhadap suatu mata pelajaran dan tidak boleh memikirkan hal-hal lainnya yang tidak ada hubungan dengan pelajaran itu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui proses pelaksanaan metode bercerita dengan berbagai media dalam meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD BHAKTI IBU Anyar Serang-Banten. 2 )Untuk meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar Serang-Banten dapat di tingkatkan melalui metode bercerita dengan berbagai media. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten dengan jumlah 15 orang anak. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Teggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan konsentrasi anak 27%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, konsentrasi anak meningkat menjadi 50%, 3) pada siklus II diperoleh hasil 84%. Dengan demikian, konsentrasi anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan berbagai media dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, SerangBanten.

Pratiwi, Asry (2018) Konsentrasi yaitu perhatiannya harus dipusatkan kepada satu objek dan pikirannya harus memikirkan pelajaran yang dipelajari, mengarahkan pikiran seorang anak terhadap suatu mata pelajaran dan tidak boleh memikirkan hal-hal lainnya yang tidak ada hubungan dengan pelajaran itu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui proses pelaksanaan metode bercerita dengan berbagai media dalam meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD BHAKTI IBU Anyar Serang-Banten. 2 )Untuk meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar Serang-Banten dapat di tingkatkan melalui metode bercerita dengan berbagai media. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten dengan jumlah 15 orang anak. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Teggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan konsentrasi anak 27%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, konsentrasi anak meningkat menjadi 50%, 3) pada siklus II diperoleh hasil 84%. Dengan demikian, konsentrasi anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan berbagai media dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, SerangBanten. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BERBAGAI MEDIA (Penelitian Tindakan Di PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The concentration of attention must be focused on one object and the mind must think of the lesson learned, direct the mind of a child to a subject and should not think of other things that have nothing to do with the lesson. The purpose of this research are: 1 ) To know the process of the implementation of methods of telling stories with various media in increasing the concentration of children aged 5-6 years in PAUD BHAKTI IBU Anyar Serang-Banten. 2 ) To improve the concentration of children aged 5-6 years in PAUD Bhakti Ibu Anyar Serang-Banten can be improved through the method of telling stories with various media. The method in this research is action research method, in this research is children aged 5-6 years in PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten with the number of 15 children. This classroom action research procedure uses Kemmis and Mc Teggart model consisting of 3 stages: planning, action, observation and reflection. The process of collecting data is done through observation, field notes, interview notes and documentation notes. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study note that: 1 ) in pre-action concentration of children 27%, 2) after the child is given action in cycle I, the concentration of children increased to 50%, 3) in the second cycle obtained 84% results. Thus, the child's concentration has increased and is at a very good developing stage. It can be concluded that through the method of storytelling with various media can increase the concentration of children aged 5-6 years in PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Konsentrasi yaitu perhatiannya harus dipusatkan kepada satu objek dan pikirannya harus memikirkan pelajaran yang dipelajari, mengarahkan pikiran seorang anak terhadap suatu mata pelajaran dan tidak boleh memikirkan hal-hal lainnya yang tidak ada hubungan dengan pelajaran itu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui proses pelaksanaan metode bercerita dengan berbagai media dalam meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD BHAKTI IBU Anyar Serang-Banten. 2 )Untuk meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar Serang-Banten dapat di tingkatkan melalui metode bercerita dengan berbagai media. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, Serang-Banten dengan jumlah 15 orang anak. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Teggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan konsentrasi anak 27%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, konsentrasi anak meningkat menjadi 50%, 3) pada siklus II diperoleh hasil 84%. Dengan demikian, konsentrasi anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan berbagai media dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Bhakti Ibu Anyar, SerangBanten.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:20
Last Modified: 29 Oct 2021 08:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item