eprintid: 54015 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 9569 dir: disk0/00/05/40/15 datestamp: 2025-08-15 09:34:28 lastmod: 2025-08-15 09:34:28 status_changed: 2025-08-15 09:34:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kinasih, Sekar creators_id: 2224200040 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rachmawati, Dian contributors_name: Ratnasari, Dwi contributors_id: 198412242009122005 contributors_id: 198808062024212032 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: Biologi full_text_status: restricted keywords: Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati, Problem Based Learning note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 15 Tangerang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik random sampling, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, uji signifikansi menggunakan uji t dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. abstract: This research aims to examine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model on students' critical thinking skills in biodiversity material for grade X. The study employed a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group. The subjects were students of grade X at SMAN 15 Tangerang, selected using random sampling. The experimental class was taught using the PBL model, while the control class used the scientific approach. Data were collected through tests and non-test instruments, and analyzed using an independent t-test with a significance value of 0.001 (<0.05). The results showed that the PBL model significantly affected students' critical thinking skills in learning biodiversity. date: 2025-08-15 date_type: published pages: 169 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana related_url_type: author citation: Kinasih, Sekar (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/1/SEKAR%20KINASIH_2224200040_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/3/SEKAR%20KINASIH_2224200040_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/4/SEKAR%20KINASIH_2224200040_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/5/SEKAR%20KINASIH_2224200040_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/6/SEKAR%20KINASIH_2224200040_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/7/SEKAR%20KINASIH_2224200040_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/8/SEKAR%20KINASIH_2224200040_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/9/SEKAR%20KINASIH_2224200040_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54015/19/SEKAR%20KINASIH_2224200040_CP.pdf